Konsili Hieria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konsili Ikonoklas Hieria adalah sebuah konsili Kristen pada tahun 754 yang menganggap dirinya sebagai konsili ekumenis, namun kemudian ditolak oleh Konsili Nicaea Kedua (787) serta gereja-gereja Katolik dan Ortodoks, karena tidak ada dari lima patriark utama yang diwakili di Hieria. Namun, beberapa Protestan lebih memilihnya daripada Nicaea Kedua.

Konsili Hieria dipanggil oleh Kaisar Bizantium Konstantin V pada tahun 754 di istana Hieria di Chalcedon. Konsili ini mendukung posisi ikonoklas kaisar dalam kontroversi ikonoklasme Bizantium, mengutuk penggunaan ikonografi secara rohaniah dan liturgis sebagai sesat.

Lawan-lawan konsili ini menggambarkannya sebagai Konsili Palsu Konstantinopel atau Konsili Tanpa Kepala karena tidak ada patriark atau perwakilan dari kelima patriarkat besar yang hadir: takhta Konstantinopel kosong; Antiokhia, Yerusalem, dan Aleksandria berada di bawah kekuasaan Islam; sementara Roma tidak diminta untuk berpartisipasi. Putusan-putusannya diharamkan dalam Konsili Lateran 769 sebelum hampir seluruhnya dibatalkan oleh Konsili Nicaea Kedua pada tahun 787, yang menegaskan ortodoksi dan mendukung penghormatan terhadap gambar-gambar suci.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Cormack, Robin (2009). "Art and Iconoclasm". Dalam Jeffreys, Elizabeth; Haldon, John; Cormack, Robin. The Oxford Handbook of Byzantine Studies (Oxford Handbooks). Oxford University Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]