Konsili Clermont

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk Konsili Clermont sebelumnya, lihat Konsili Clermont (535).
Paus Urbanus II di Konsili Clermont dengan suatu latar arsitektur Gotik dalam naskah beriluminasi Livre des Passages d'Outre-mer tahun kr. 1474 (Bibliothèque National).
Paus Urbanus II mengkhotbahkan Perang Salib Pertama di Konsili Clermont.

Konsili Clermont adalah suatu sinode yang diikuti kaum awam dan klerus dari Gereja Katolik, yang mana diselenggarakan dari tanggal 18 sampai 28 November 1095 di Clermont, Perancis. Pidato Paus Urbanus II pada tanggal 27 November merupakan titik awal berlangsungnya Perang Salib Pertama.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1095, Kaisar Bizantium Alexius I Comnenus mengirim para utusannya ke barat untuk meminta bantuan militer dalam melawan bangsa Turki Seljuk.[1] Pesan tersebut diterima oleh Paus Urbanus II di Konsili Piacenza.[1] Kemudian pada bulan November tahun itu, Paus Urbanus menyelenggarakan Konsili Clermont untuk membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut. Dalam konsili ini Paus Urbanus mendesak para uskup dan abbas yang ia tunjuk secara langsung agar menghadirkan para lord terkemuka di provinsi mereka masing-masing.

Konsili ini berlangsung mulai dari tanggal 18 November sampai dengan 28 November,[2] dan dihadiri oleh hampir 300 klerus dari seluruh Perancis. Paus Urbanus membahas reformasi Cluny dalam Gereja Katolik, dan juga menyampaikan ekskomunikasi terhadap Philippe I dari Perancis karena menikah lagi dengan Bertrade de Montfort. Pada tanggal 27 November, Paus Urbanus berbicara untuk pertama kalinya mengenai masalah-masalah di timur. Ia mendorong perlawanan kaum Kristen Barat terhadap kaum Muslim yang menduduki Tanah Suci dan yang menyerang Kekaisaran Romawi Timur.

Termasuk dalam tindakan-tindakan yang disahkan dalam konsili tersebut adalah Gencatan Senjata demi Allah (Truce of God), yang mana menyatakan bahwa umat Kristen tidak diperbolehkan untuk bertarung satu sama lain kecuali pada hari Senin, Selasa, dan Rabu.[3] Salah satu alasan diberlakukannya aturan ini adalah untuk mendorong umat Kristen agar pergi bertempur dengan musuh di timur bukannya saling bertempur satu sama lain.[4]

Enam sumber[sunting | sunting sumber]

Ada enam sumber utama informasi mengenai bagian ini dalam Konsili Clermont: karya anonim berjudul Gesta Francorum ("Perbuatan-perbuatan Bangsa Franka", bertarikh kr. 1100/1101),[5] yang mana mempengaruhi semua versi pidato tersebut selain karya Fulcher dari Chartres (hadir dalam konsili ini); Robert sang Rahib yang mungkin juga menghadirinya; Baldric, Uskup Agung Dol dan Guibert de Nogent yang tidak menghadiri konsili ini. Semua catatan ini ditulis tidak lama setelah berlangsungnya konsili; catatan-catatan ini menggunakan tradisi literer yang berbeda dan karenanya sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya.[6] Yang lebih penting dari kelima pidato yang termuat dalam sumber-sumber belakangan, yang mana cenderung diwarnai pandangan masing-masing penulis terkait praktik perang salib, adalah sebuah surat yang dituliskan oleh Paus Urbanus sendiri pada bulan Desember 1095 mengenai Konsili Clermont.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) Helen J. Nicholson, The Crusades, (Greenwood Publishing, 2004), 6.
  2. ^ (Inggris) E. Glenn Hinson, The Church Triumphant: A History of Christianity Up to 1300, (Mercer University Press, 1995), 387.
  3. ^ Peters 1971, hlm. 18.
  4. ^ Peters 1971, hlm. 17.
  5. ^ (Inggris) Paul Halsall (1997), "The Gesta Version", Medieval Sourcebook: Urban II (1088-1099): Speech at Council of Clermont, 1095, Five versions of the Speech, fordham.edu 
  6. ^ (Inggris) Georg Strack, The sermon of Urban II in Clermont 1095 and the Tradition of Papal Oratory, in: Medieval Sermon Studies 56 (2012), S. 30-45. (http://www.mag.geschichte.uni-muenchen.de/downloads/strack_urban.pdf).

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Peters, Edward, ed. (1971). The First Crusade. Philadelphia: University of Pennsylvania Press. ISBN 0812210174. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Riley-Smith, Jonathan Simon Christopher, and Jonathan Riley-Smith. The First Crusade and Idea of Crusading (A&C Black, 2003)
  • (Inggris) Somerville, Robert. The Council of Clermont and the first crusade (1976)
  • (Inggris) Somerville, Robert. "The Council of Clermont (1095), and Latin Christian Society." Archivum Historiae Pontificiae (1974): 55-90. in JSTOR

Pranala luar[sunting | sunting sumber]