Konkurensi (ilmu komputer)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam ilmu komputer, konkurensi adalah kemampuan dari unit-unit program (algoritma atau masalah) yang berbeda untuk dieksekusi tanpa mempedulikan urutan, namun tidak memengaruhi hasil akhir dari program tersebut. Sehingga ini memungkinkan untuk melakukan eksekusi pararel dari sebuah unit konkurensi/program, yang mana bisa secara signifikan meningkatkan kecepatan dari pengeksekusian unit di dalam sistem dengan banyak prosesor atau core. Dalam istilah yang lebih teknis, konkurensi ini merujuk pada pemisahan properti dari sebuah program, algoritma, atau masalah ke dalam urutan-urutannya komponent atau unit itu sendiri. [1]

Beberapa model matematika sudah pernah dibuat untuk komputasi konkurensi secara umum seperti jaring Petri, kalkuli proses, model mesin akses acak paralel, model aktor dan Bahasa Koordinasi Reo .

  1. ^ Lamport, Leslie (July 1978). "Time, Clocks, and the Ordering of Events in a Distributed System" (PDF). Communications of the ACM. 21 (7): 558–565. doi:10.1145/359545.359563. Diakses tanggal 4 February 2016.