Konflik suntingan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konflik suntingan adalah masalah komputer yang mungkin terjadi ketika beberapa penyunting mengedit berkas yang sama dan tidak dapat menggabungkan tanpa kehilangan sebagian atau seluruh hasil suntingannya. Konflik terjadi ketika penyunting mendapatkan salinan bersama dokumen secara bersamaan, mengubah salinannya, dan mencoba menyimpan perubahan ke berkas asli, yang telah diubah oleh penyunting lain setelah salinan diperoleh.

Resolusi[sunting | sunting sumber]

Cara termudah untuk menyelesaikan konflik penyuntingan adalah dengan mengabaikan pengeditan yang mengganggu dan menimpa berkas saat ini. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya banyak informasi, dan metode alternatif sering kali digunakan untuk menyelesaikan atau mencegah konflik:

  • Penguncian berkas, yang membatasi file ke satu editor pada satu waktu untuk mencegah konflik penyuntingan. Penulis komputer Gary B. Shelly mencatat bahwa banyak sistem wiki "akan memblokir kontributor yang mencoba menyunting halaman agar tidak dapat melakukannya hingga kontributor yang sedang menyunting halaman menyimpan perubahan atau tetap diam di halaman selama beberapa waktu. jangka waktu yang lama."[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shelly, Gary B.; Frydenberg, Mark (2010). Web 2.0: Concepts and Applications. Cengage Learning. hlm. 72. ISBN 978-1-4390-4802-3. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-18. Diakses tanggal 2020-12-10.