Konferensi Dunia tentang Rasisme tahun 2001

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konferensi Dunia Menentang Rasisme (WCAR) 2001, dikenal sebagai Durban I, diadakan di Pusat Konvensi Internasional Durban di Durban, Afrika Selatan, di bawah naungan PBB, dari 31 Agustus hingga 8 September 2001.

Ini menjadi tonggak penting dalam perjuangan untuk memberantas segala bentuk rasisme "membutuhkan mekanisme tindak lanjut yang kuat untuk memeriksa apakah Pemerintah telah memenuhi janji mereka. dibuat," menurut Komisaris Tinggi. Dia berjanji "untuk menjadikannya konferensi tindakan bukan hanya kata-kata." Konferensi Dunia adalah kesempatan unik untuk menciptakan visi dunia baru untuk memerangi rasisme di abad kedua puluh satu.

Agenda[sunting | sunting sumber]

Agenda Sementara

Unsur-unsur agenda sementara dikelompokkan berdasarkan tema-tema berikut:

Tema 1: Sumber, penyebab, bentuk dan manifestasi kontemporer dari rasisme, diskriminasi rasial, dan intoleransi terkait

Tema 2: Korban rasisme, diskriminasi rasial dan intoleransi terkait

Tema 3: Upaya pencegahan, pendidikan dan perlindungan yang ditujukan untuk pemberantasan rasisme, diskriminasi ras dan intoleransi terkait di tingkat nasional, regional dan internasional

Tema 4: Ketentuan untuk pemulihan yang efektif, sumber daya, ganti rugi, [kompensasi] dan tindakan lainnya di tingkat nasional, regional dan internasional

Tema 5: Strategi untuk mencapai kesetaraan penuh dan efektif, termasuk kerja sama internasional dan peningkatan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mekanisme internasional lainnya dalam memerangi rasisme, diskriminasi rasial, xenofobia.

Referensi[sunting | sunting sumber]