Telekomunikasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Komunikasi jarak jauh)
Alat telekomunikasi jenis French Gower di museum Musée des Arts et Métiers, Paris

Telekomunikasi atau talimarga jarak jauh adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi jarak jauh dari suatu tempat ke tempat lain. Informasi tersebut bisa berupa tulisan, suara, gambar, ataupun objek lainnya.

Secara garis besar, teknologi telekomunikasi mulai pertama kali berkembang pada awal abad ke-19, melalui perangkat elektronik (masih menggunakan listrik statis pada saat itu) yang bernama telegraf.[1] Seiring perkembangannya, teknologi telekomunikasi kemudian berkembang dalam beragam macam variasi bentuknya sesuai kegunaan dan mekanisme kerjanya seperti telepon, televisi, radio dan Teknologi informasi serta banyak lagi lainnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Telekomunikasi telah memainkan peran penting dalam interaksi sosial masyarakat dunia. Namun demikian, perangkat seperti sistem telepon pada awalnya diiklankan dengan penekanan pada dimensi praktis perangkat (seperti kemampuan untuk melakukan bisnis atau memesan layanan rumah) yang bertentangan dengan dimensi sosial. Baru pada akhir 1920-an dan 1930-an dimensi sosial perangkat menjadi tema utama dalam iklan telepon. Promosi baru mulai menarik emosi konsumen, menekankan pentingnya percakapan sosial dan tetap terhubung dengan keluarga dan teman. Sejak itu peran telekomunikasi dalam hubungan sosial menjadi semakin penting. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas situs jejaring sosial telah meningkat secara dramatis. Situs-situs ini memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi serta mengirimkan foto, acara, dan profil untuk dilihat orang lain. Dengan ini, dapat memainkan peran penting terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Dalam hal budaya, telekomunikasi telah meningkatkan kemampuan publik untuk mengakses musik dan film. Dengan televisi, orang dapat menonton film yang belum pernah mereka tonton sebelumnya di rumah mereka sendiri tanpa harus pergi ke toko video atau bioskop. Dengan radio dan internet, orang dapat mendengarkan musik yang belum pernah mereka dengar sebelumnya tanpa harus pergi ke toko musik.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Hari telekomunikasi sedunia diselenggarakan pada tanggal 17 Mei.[2] Penetapan tanggal ini mengacu pada pendirian lembaga Persatuan Telekomunikasi Internasional pada tahun 1985, setelah diajukan dalam syang berada di bawah naungan Majelis Umum PBB.[3]

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Elon University / Imagining the Internet / 1830s – 1860s: Telegraph". www.elon.edu. Diakses tanggal 2023-01-14. 
  2. ^ Hadi, Abdul. "World Telecommunications Day 17 Mei: Sejarah dan Tema Tahun Ini". tirto.id. Diakses tanggal 2023-01-14. 
  3. ^ Nations, United. "World Telecommunication and Information Society Day". United Nations (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-14. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]