Komite Buku Nasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Komite Buku Nasional (KBN) adalah komite di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertugas untuk mempromosikan buku-buku nasional, baik fiksi maupun nonfiksi, ke mata internasional. Setiap tahunnya, komite ini menyeleksi buku-buku berkualitas yang akan dipromosikan dalam setiap pameran buku internasional.[1]

Program KBN meliputi residensi penulis, subsidi dana penerjemahan, pelatihan, dan lain-lain saling berkesinambungan.[2] Saat ini, KBN dikepalai oleh Laura Prisloo Bangun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Komite Buku Nasional dibentuk tahun 2015 di bawah Sekretaris Kemendikbud untuk mempersiapkan kehadiran Indonesia di Pameran Buku Frankfurt sebagai tamu kehormatan. Sampai saat ini Komite Buku Nasional dipertahankan untuk meneruskan program promosi buku-buku Indonesia di kancah internasional.[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Agnes, Tia. "Tiap Tahun, Komite Buku Nasional Seleksi Buku-buku yang akan Diboyong". detikhot. Diakses tanggal 2018-11-23. 
  2. ^ BEKRAF, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia -. "Indonesia Hadir di London Book Fair 2018, Langkah Menuju Market Focus di London Book Fair 2019". www.bekraf.go.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-23. 
  3. ^ Trim, Bambang (2016-10-21). "Ketika Wacana Lembaga Perbukuan Diperdebatkan". Bambang Trim (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-01-23.