Komisi Internasional Anglikan–Katolik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komisi Internasional Anglikan–Katolik adalah sebuah organisasi yang didirikan sejak 1969 yang bertujuan demi megupayakan ekumenis kekristenan terbukan antara dialog Anglikan-Katolik.[1] Lembaga-lembaga yang mendukung tersebut yakni (Anglican Consultative Council [en]; artinya:Dewan Permusyawaratan Anglikan) dan Dewan Kepausan untuk Memajukan Persatuan Umat Kristiani (sebelumnya Sekretariat untuk Memajukan Persatuan Umat Kristiani).

ARCIC berupaya untuk mengidentifikasi titik temu antara kedua komunitas tersebut. Hubungan ekumenis menjadi tegang karena penahbisan perempuan dalam Komuni Anglikan dan, dalam beberapa tahun terakhir, Persekutuan Anglikan secara internal semakin terpecah karena isu-isu yang berkaitan dengan homoseksualitas.

Fase Awal 1967-68[sunting | sunting sumber]

Tiga pertemuan dilaksanakan oleh Komisi Persiapan Gabungan Anglikan-Katolik Roma (ARCJPC) dari tahun 1967 hingga 1968. Pertemuan persiapan pertama diadakan di Italia,[a] pertemuan mengenai kedudukan kitab suci di Inggris,[b] dan puncaknya pada pertemuan di Malta yang berpuncak pada Laporan Malta.[c] culminating in the Malta Report.[3]

Fase Pertama 1970-1981[sunting | sunting sumber]

Tahap pertama dilakukan oleh Komisi Internasional Anglikan-Katolik Roma (ARCIC) dari tahun 1970 hingga 1982.

Fase pertama ARCIC diselenggarakan di bawah naungan Henry McAdoo [en] (Uskup Agung Anglikan Dublin) dan Alan Clark [en] (Uskup Katolik Roma Anglia Timur). Wakil sekretarisnya adalah Colin Davey dan Christopher Hill [en] dari Anglikan serta William A. Purdy yang beragama Katolik.[d][4]

Pada tahun 1970 dan 1971 diadakan sejumlah pertemuan mengenai doktrin ekaristi,[e][f][g] producing an agreed statement.[5] menghasilkan pernyataan yang disepakati. Penjelasannya dikeluarkan pada tahun 1979.

Pada tahun 1972 diadakan pertemuan mengenai topik pentahbisan. Ini membuka jalan bagi pernyataan yang disepakati dari Canterbury. Penjelasannya dikeluarkan pada tahun 1979.

Pada pertengahan tahun 1970-an diadakan sejumlah pertemuan mengenai masalah kewenangan yang berpuncak pada pernyataan yang dibuat di Venesia. Diskusi lebih lanjut mengenai subjek otoritas diadakan pada tahun 1977, 1979, dan 1980, dengan penjelasan dan pernyataan lebih lanjut dikeluarkan pada tahun 1981 dengan pernyataan akhir.

Pernyataan terakhir untuk "ARCIC" dikeluarkan pada tahun 1981. Ada tanggapan dari Konferensi Lambeth dan Gereja Katolik. Klarifikasi lebih lanjut mengenai Ekaristi dan Pelayanan diterbitkan pada tahun 1993.

Fase Kedua 1983-2011[sunting | sunting sumber]

Tahap kedua dilaksanakan oleh Komisi Internasional Anglikan-Katolik Roma Kedua (ARCIC II) dari tahun 1983 hingga 2006. Ketua bersama tahap kedua adalah uskup Anglikan Mark Santer, Frank Griswold , dan Peter Carnley dan uskup Katolik Roma Cormac Murphy-O'Connor, dan Alexander Joseph Brunett. Sejumlah ulama Anglikan dan Katolik Roma menjabat sebagai wakil sekretaris.

Topik yang dibahas dalam ARCIC II antara lain doktrin keselamatan, persekutuan, otoritas pengajaran, dan peran Maria ibu Allah.

Pada tahun 2000, ARCIC II mendukung pertemuan 13 pasang uskup Anglikan dan Katolik Roma dari seluruh dunia di Mississauga, Ontario, Kanada. Pertemuan ini membentuk Komisi Persatuan dan Misi Anglikan-Katolik Internasional (IARCCUM), yang mulai bertemu pada tahun 2002, tetapi ditangguhkan dari tahun 2003–2005 karena pentahbisan seorang uskup Anglikan yang secara terbuka gay di AS. IARCCUM bukan tentang mencapai kesepakatan teologis, melainkan mencari cara untuk mempraktekkan kesepakatan yang telah dicapai dan diterima oleh ARCIC oleh kedua Gereja.

Pada tahun 2007 IARCCUM mengeluarkan Growing Together in Unity and Mission yang merupakan ringkasan dari sembilan Pernyataan yang Disepakati ARCIC. Hal ini menyatakan bahwa "Gereja Katolik Roma mengajarkan bahwa pelayanan Uskup Roma [Paus] sebagai primata universal adalah sesuai dengan kehendak Kristus bagi Gereja dan merupakan elemen penting untuk menjaga kesatuan dan kebenaran." Tidak hanya itu, dokumen tersebut selanjutnya mengatakan bahwa "Kami mendesak umat Anglikan dan Katolik Roma untuk mengeksplorasi bersama bagaimana pelayanan Uskup Roma dapat dipersembahkan dan diterima untuk membantu Komuni kita tumbuh menuju persekutuan gerejawi yang penuh."

Fase Ketiga:2011-sekarang[sunting | sunting sumber]

Tahap ketiga dilaksanakan oleh Komisi Internasional Anglikan-Katolik Roma III (ARCIC-III) sejak tahun 2011 hingga saat ini.

Fase ketiga dimulai pada 17-27 Mei 2011 di Komunitas Biara Bose ekumenis di Italia utara. Fase ketiga ARCIC adalah mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan mendasar mengenai Gereja sebagai Persekutuan – Lokal dan Universal, dan Bagaimana dalam Persekutuan Gereja Lokal dan Universal Dapat Membedakan Ajaran Etis yang Benar. Pertemuan pembukaan juga mencatat ketegangan Katolik-Anglikan mengenai pembentukan Ordinariat Pribadi Bunda Maria Walsingham , yang secara langsung tunduk pada Tahta Suci, pada awal tahun yang sama untuk mempermudah transisi oleh jemaat Anglikan (bukan hanya individu) yang ingin bergerak ke dalam persekutuan dengan Gereja Katolik. Tahap ketiga telah dilaksanakan beberapa kali pertemuan.

Wakil ketua fase ini:

  • Kebanyakan Pendeta Bernard Longley , Uskup Agung Birmingham (Katolik Roma)
  • Kebanyakan Pendeta Sir David Moxon , mantan Uskup Agung Selandia Baru (Anglikan)

Anggota Katolik Roma:

  • Kebanyakan Pendeta Arthur Kennedy, Uskup Pembantu Emeritus Boston
  • Kebanyakan Pendeta Robert Christian , OP, Uskup Auxiliary San Francisco
  • Pendeta Henry Wansbrough , OSB, profesor di Liverpool Hope University
  • Pendeta Vimal Tirimanna, CSSR, profesor di Universitas Alphonsianum
  • Pendeta Adelbert Denaux, profesor emeritus di Universitas Katolik Leuven
  • Sr Teresa Okure , SHCJ, sarjana yang tinggal di Institut Katolik Afrika Barat
  • Dr Paul Murray, profesor di Universitas Durham
  • Dr Janet Smith , profesor di Seminari Tinggi Hati Kudus

Anggota Anglikan:

  • Pendeta Dr Christopher Hill, presiden Konferensi Gereja-Gereja Eropa
  • Pendeta Nkosinathi Ndwandwe, Uskup Sufragan Natal
  • Pendeta Linda Nicholls, Uskup Huron
  • Pendeta Canon Dr Mark McIntosh, profesor di Universitas Loyola Chicago
  • Pendeta Canon Dr Michael Poon, profesor di Trinity Theological College, Singapura
  • Pendeta Kanon Dr Nicholas Sagovsky, teolog kanon di Westminster Abbey
  • Pendeta Canon Dr Peter Sedgwick, mantan kepala sekolah St. Michael's College

Dr Paula Gooder, kanselir kanon Katedral St Paul

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

ARCIC mendapat reaksi bermusuhan dari umat Katolik Tradisionalis. Meskipun ARCIC baru saja menyelesaikan dokumen penting mengenai teologi Maria pada tahun 2003, Paus Yohanes Paulus II menunda pembicaraan resmi antara Gereja Katolik dan Persekutuan Anglikan, karena konsekrasi Gene Robinson, seorang pria homoseksual di negara non-Kristen bahkan terjadinya hubungan selibat, yang terjadi sebagai uskup di Gereja Episkopal di Amerika Serikat.

Selain itu, penahbisan perempuan, khususnya pada keuskupan, telah berulang kali dipertanyakan oleh para pemimpin Gereja Katolik sebagai hal yang merugikan persatuan umat Kristiani. Walter Kasper, Presiden Dewan Kepausan untuk Mempromosikan Persatuan Umat Kristiani, menyatakannya sebagai berikut: Penahbisan perempuan menjadi uskup "menandakan pelepasan diri dari tradisi apostolik dan hambatan lebih lanjut bagi rekonsiliasi antara Gereja Katolik dan Gereja Inggris." Ia juga tampak lebih kesal terhadap pihak-pihak yang bertikai dalam Anglikanisme: "Ia menggambarkan undang-undang bagi mereka yang menentang pelayanan tertahbis bagi perempuan di Gereja Inggris sebagai 'institusionalisme tak terucapkan' dari 'perpecahan yang sudah ada .'"

Pada pembukaan pertemuan bulan Mei 2011, jurnalis Inggris William Oddie menyatakan bahwa kegiatan ARCIC tidak ada gunanya, karena hanya pihak Katolik yang memiliki agenda yang jelas dan menggambarkan semua kegiatan ekumenis mengarah pada jalan buntu. Wakil Ketua ARCIC III menjawab dengan mengatakan bahwa setiap komuni secara resmi berkomitmen untuk melanjutkan tugas suci ini di tingkat tertinggi. Mereka mengacu pada titik temu yang substansial dan mengakui adanya hambatan yang signifikan, namun mereka juga percaya pada kuasa Roh Kudus untuk mendekatkan kedua persekutuan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 9 Januari 1967 (1967-01-09)13 Januari 1967 (1967-1-13) – "First Steps Toward Restoring Full Unity; identifying themes for dialogue", Villa Cagnola, Gazzada, Italy[2]
  2. ^ 30 Agustus 1967 (1967-08-30)3 September 1967 (1967-9-3) – "The Authority of the Word of God and its Relationship to the Church", Huntercombe Manor, Buckinghamshire, England[2]
  3. ^ 31 Desember 1967 (1967-12-31)3 Januari 1968 (1968-1-3) – "A Vision for Unity" The Malta Report, Mount St. Joseph, Malta[2]
  4. ^ Davey was co-secretary until July 1974 and Hill was co-secretary from August 1974.
  5. ^ 9 Januari 1970 (1970-01-09)15 Januari 1970 (1970-1-15) – "Fundamentals of the Faith; Authority; Church; Intercommunion and Ministry; Eucharist", Windsor, England[2]
  6. ^ 21 September 1970 (1970-09-21)28 September 1970 (1970-9-28) – "Church and Ministry; Church and Authority; Church and Eucharist; the Relation of Men and Women; Making of Moral Judgements", Venice, Italy[2]
  7. ^ 1 September 1971 (1971-09-01)8 September 1971 (1971-9-8) – "Eucharistic Doctrine" - - produced an agreed statement (Windsor Report on Eucharistic Doctrine), Windsor, England[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ James, Barry (19 May 1992). "Anglican Leader Challenges Vatican Stand on Birth Control". New York Times. Diakses tanggal 13 January 2012. 
  2. ^ a b c d e f "Anglican – Roman Catholic International Commission (ARCIC)". Centro Pro Unione. Franciscan Friars of the Atonement. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-07. Diakses tanggal 2016-01-13. 
  3. ^ Anglican – Roman Catholic International Commission (1968-01-02). "The Malta Report". Centro Pro Unione. Franciscan Friars of the Atonement. 
  4. ^ "Colin Davey ~ IARCCUM.org". iarccum.org. Diakses tanggal 2023-10-14. 
  5. ^ Anglican – Roman Catholic Joint Preparatory Commission (1971-09-08). "Agreed Statement on Eucharistic Doctrine". Centro Pro Unione (agreed statement). Franciscan Friars of the Atonement. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-17. Diakses tanggal 2006-07-16. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Greenacre, Roger, and Dennis Corbishley. Study Guide to the Final Report of the Anglican—Roman Catholic International Commission. London: Catholic Truth Society: S.P.C.K., 1982. N.B.: At head of title: "English Anglican/Roman Catholic Committee". ISBN 0-85183-511-2

Tautan Eksternal[sunting | sunting sumber]