Komisi Eropa untuk Bantuan Kemanusiaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Komisi Eropa untuk Bantuan Kemanusiaan (Inggris: European Community Humanitarian aid Office disingkat ECHO) adalah sebuah departemen dalam Komisi Eropa yang khusus mengurusi bantuan kemanusiaan yang didanai oleh Uni Eropa.

Uni Eropa adalah pemberi bantuan dana terbesar di dunia untuk operasi-operasi kemanusiaan. Komisi Eropa di Kota Brussel dan pemerintah dari ke-27 Negara Anggota Uni Eropa memberikan lebih dari 50% bantuan melalui jalur-jalur resmi. Komisi Eropa sendiri bertanggung jawab atas pengelolaan hampir setengah dari bantuan tersebut. Pada tahun 2007, Komisi Eropa memberikan €768 juta untuk proyek-proyek kemanusiaan di lebih dari 60 negara, mendanai bantuan untuk jutaan korban bencana di luar Uni Eropa.

Di dalam Komisi Eropa, operasi-operasi diprakarsai oleh Departemen Bantuan Kemanusiaan (ECHO) yang berada di bawah tanggung jawab Komisioner Louis Michel. Operasi-operasi tersebut mencakup penilaian kebutuhan kemanusiaan di daerah bencana, alokasi dana yang sesuai untuk barang dan jasa seperti makanan, tempat penampungan, bantuan medis, pasokan air, sanitasi atau perbaikan darurat dan evaluasi dampak bantuan yang diberikan. Persiapan menghadapi bencana dan proyek-proyek untuk mengurangi risiko di daerah-daerah yang rawan bencana alam juga merupakan bagian dari kegiatan-kegiatan penyelamatan yang dibiayai melalui ECHO.

Bantuan disalurkan secara imparsial kepada masyarakat yang terkena dampak bencana, tanpa memandang ras, kelompok etnis, agama, gender, umur, kebangsaan atau afiliasi politik, melalui para mitra operasi kami. Para mitra tersebut mencakup lebih dari 200 LSM Eropa, badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan korps Palang Merah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]