Komik humor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komik Humor adalah komik Indonesia yang bertemakan dagelan atau humor. Komik jenis ini muncul pada tahun 1930-an dan dipelopori oleh komikus Kho Wan Gie yang mempuat serial tokoh humor Put On yang muncul setiap minggu di harian Sin Po. Tokoh ini terus muncul pada tahun 1950-1970-an di majalah Pantjawarna, Varia Nada, Aneka dan Ria Film. Selain Put On, Kho Wan Gie memakai nama samaran Sopoiku melahirkan beberapa serial tokoh humor lain, yaitu Nona A Go-Go, Djali Tokcher, Lemot, Obud serta Tokoh Agen Rahasia 013 (Bolong Djilu).[1]

Bentuk dagelan atau humor sering diselipkan lewat tokoh Petruk, Gareng dan Semar dalam berbagai komik Wayang. Komikus Indri Sudono dari Semarang kemudian mengangkat tokoh dagelan ini ke alam modern. Ia membuat puluhan Serial Dagelan Petruk Gareng dengan berbagai judul, antara lain Serial Dagelan Petruk Gareng dan Serial Dagelan Keluarga Miring. Komikus lain yang juga membuat dagelan model ini adalah Soponyono (Serial Dagelan Keluarga Semar). Pada akhir 70-an, dagelan ini masih terus dibuat. Salah satu komikusnya adalah A. Tatang yang mengangkat tokoh dagelan wayang tersebut ke dalam versi Betawi modern.

Komik Humor juga banyak mengisi kolom berbagai majalah hiburan dan menampilkan beberapa tokohnya yang terkenal, seperti James John Detektf Carton (Johni Hidayat - Vista dan Stop), Mat Pilun (Delsy Syamsumar - Tjaraka), serta Mat Sinting dan Djaul Top (Napih - Vista)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pers., Rajawali (2009). Sejarah kebudayaan Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers. ISBN 9789797692698. OCLC 465193408.