Lompat ke isi

Klorofonia tengkuk-biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Klorofonia tengkuk-biru
Chlorophonia cyanea Edit nilai pada Wikidata
Rekaman
Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22722781 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliThraupidae
GenusChlorophonia
SpesiesChlorophonia cyanea Edit nilai pada Wikidata
Thunberg, 1822
Distribusi

Klorofonia tengkuk-biru ( Chlorophonia cyanea ) adalah spesies burung Amerika Selatan yang berwarna-warni dalam keluarga Fringillidae ; itu sebelumnya ditempatkan di Thraupidae . Hal ini umumnya cukup umum untuk ditemui.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Seekor burung kecil, montok, sebagian besar berwarna hijau. Bagian bawah berwarna kuning, dan mantel/tengkuk bawah, pantat dan cincin mata berwarna biru. Beberapa subspesies memiliki bagian depan berwarna kuning. Betina lebih kusam dibandingkan jantan, dengan bagian bawah lebih kuning kehijauan dan kurang biru pada mantel/tengkuk bawah.

Sebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

Distribusinya sangat terputus-putus, dengan populasi yang berasosiasi dengan Hutan Atlantik di tenggara Brasil, Paraguay timur, dan Argentina timur laut, Andes dari Bolivia di selatan hingga Venezuela di utara, Pegunungan Perijá dan Santa Marta, Pegunungan Pesisir Venezuela, dan Tepui . Semua populasi berasosiasi dengan hutan lembab, tetapi secara lokal juga terdapat di kebun dan taman terdekat (terutama di kawasan Hutan Atlantik). Sebagian besar populasinya ditemukan di dataran tinggi subtropis, namun populasinya berada di dekat permukaan laut di kawasan Hutan Atlantik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Chlorophonia cyanea". 2016: e.T22722781A94784295. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22722781A94784295.en.