Kick Stokhuyzen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kick Stokhuyzen (1981)

Willem Anton Frederik "Kick" Stokhuyzen (7 Oktober 1930 – 12 Januari 2009) adalah seorang politikus, penyiar televisi dan pengisi suara Belanda.

Karier[sunting | sunting sumber]

Stokhuyzen hidup di kamp konsentrasi Jepang pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Di akhir tahun 1945, ia pindah ke Belanda bersama kedua orang tuanya. Setelah lulus sekolah, ia belajar ilmu ekonomi di Universitas Amsterdam. Pada saat inilah, ia berkenalan pertama kali dengan Annet Nieuwenhuyzen. Ia kemudian bekerja di perusahaan komputer IBM.

Secara kebetulan, ia menjadi moderator di kuis mahasiswa Tweekamp yang disiarkan oleh NCRV. Lalu, ia juga mengasuh siaran kuis lain seperti Herkent u deze melodie? dan Herkent u deze tijd?. Pada tahun 1970-an, ia mengasuh program kuis populer Ja, natuurlijk, yang setiap bulan disimak oleh 3,5 juta pendengar. Segera setelah itu, ia menjadi pengisi suara untuk boneka beruang Winnie-the-Pooh.

IBM, Perusahaan tempatnya bekerja, memanfaatkan popularitasnya dalam suatu iklan TV pada tahun 1983. Sampai pensiunnya, ia bekerja sebagai Manager Sales Promotion. Sampai tahun 2002, ia menjadi anggota VVD untuk Dewan Kota Voorburg. Di Omroep MAX ia mengasuh acara TV Comeback pada tahun 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]