Khalifah (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Khalifah
Poster film Khalifah.jpg
Poster film
SutradaraNurman Hakim
ProduserNan T. Achnas
Nurman Hakim
Sentot Sahid
PenulisNurman Hakim
Nan T. Achnas
PemeranMarsha Timothy
Ben Joshua
Indra Herlambang
Jajang C. Noer
Titi Sjuman
Yoga Pratama
Dion Wiyoko
Brohisman
DistributorTriximages & Frame Ritz Pictures
Tanggal rilis
6 Januari 2011
Durasi
... menit
NegaraIndonesia

Khalifah adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 6 Januari 2011 dengan disutradarai oleh Nurman Hakim yang dibintangi oleh Marsha Timothy, Ben Joshua, dan Indra Herlambang.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Khalifah (Marsha Timothy) seorang gadis berusia 23 tahun,bekerja di sebuah salon kecantikan, yang kemudian dijodohkan oleh ayahnya dengan Seorang pria bernama Rasyid (Indra Herlambang) pernikahan pun terjadi karena Khalifah ingin membantu ayah dan adiknya. Namun ia begitu mengabdi kepada suaminya. Di awal pernikahan Khalifah mulai mengenakan jilbab atas dorongan Rasyid, tetapi ternyata Rasyid menganut ajaran Islam yang “keras”. Karena suatu peristiwa Rasyid meminta Khalifah menggunakan cadar, bagi Rasyid peristiwa itu adalah peringatan dari Allah SWT untuk menutup keseluruhan aurat di tubuh termasuk wajahnya.

Khalifah pun menuruti permintaan Rasyid. Walaupun ayah Khalifah kurang setuju dengan cadar yang dikenakannya. Perubahan drastis dialami Khalifah, setiap orang yang ditemuinya memandang sinis bahkan ia pun dicap sebagai istri teroris. Sementara itu tetangga Khalifah seorang pemuda ganteng bernama Yoga (Ben Joshua).Yoga sering kali mengamati Khalifah, ia memendam rasa kepada Khalifah. Bahkan Yoga lah yang menjahitkan baju gamis dan cadar yang dikenakan oleh Khalifah. Hingga pada suatu hari kehidupan Rasyid yang sesungguhnya pun terkuak, Khalifah dikhianati oleh Rasyid.

Siapa sebetulnya Rasyid? Mengapa Rasyid sampai mampu menghianati Khalifah yang begitu mengabdi kepadanya? Bagaimana perjuangan Khalifah dalam menjalani hidupnya yang berubah sedemikan drastis saat ia menggunakan cadar? Akankah Yoga memiliki Khalifah setelah ia mengetahui keadaan Khalifah yang sesungguhnya?[1]

Film Khalifah masuk seleksi resmi di Tokyo International Film Festival 2011 dan memenangkan Prix du Public di Vesoul International Film Festival Prancis 2012

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Khalifah - Marsha Timothy
  • Rasyid - Indra Herlambang
  • Yoga - Ben Joshua

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman Khalifah, diakses pada 13 Desember 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]