Keuskupan Wiener Neustadt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Wiener Neustadt

Keuskupan Wiener Neustadt adalah sebuah bekas keuskupan dalam Gereja Katolik Roma yang terletak di Austria Hilir berdiri dari tahun 1469 hingga 1785. Pada tahun 1990, keuskupan tersebut didirikan kembali sebagai Tahta tituler yang dipegang oleh uskup untuk Dinas Militer di Austria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Detail mimbar, Katedral Wiener Neustadt

Atas permintaan Kaisar Frederick III, keuskupan tersebut dibentuk oleh Paus Paulus II pada tanggal 14 Januari 1469, dan langsung tunduk pada Takhta Suci. Pada awalnya kota ini berbatasan dengan kota Wiener Neustadt.

Pada tahun 1769 paroki baru Theresienfeld ditambahkan dan pada tahun 1784 wilayahnya diperluas dari Wiener-Neustadt hingga perbatasan Styria. Pada tanggal 21 April 1785, tahta tersebut dimasukkan ke dalam Keuskupan Agung Wina oleh Kaisar Joseph II. Uskup terakhirnya, Johann Heinrich von Kerens, S.J. (1775–1785), dan Bab Katedral miliknya dipindahkan ke Keuskupan Sankt Pölten yang baru didirikan.

Katedral[sunting | sunting sumber]

Katedral

Dom atau katedral Akhir-Romawi pada tahun 1279 dan tetap menjadi katedral dari tahun 1469 hingga 1785. kios paduan suara dan transept, dalam Gaya Gotik, berasal dari abad ke-14. Pada akhir abad ke-15, 12 patung Rasul ditambahkan di apse, sedangkan patung Kardinal Melchior Klesl dikaitkan dengan Gian Lorenzo Bernini.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]