Ketua DPRD Kabupaten/Kota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ketua DPRD Kabupaten/kota)

Pimpinan DPRD Kabupaten/kota bersifat kolektif (kebersamaan) dan kolegial (kekeluargaan). Dipimpin oleh seorang Ketua DPRD Kabupaten/kota dan 2 dua orang wakil Ketua DPRD Kabupaten/kota untuk anggota dengan jumlah paling sedikit 20 (dua puluh) orang dan 3 (tiga) wakil Ketua DPRD Kabupaten/kota untuk anggota paling banyak 50 (lima puluh) orang berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD.[1]

Kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Pimpinan DPRD terdiri atas 1 (satu) orang ketua dan 2 (dua) orang wakil ketua yang. Ketua DPRD Kabupaten/kota ialah anggota DPRD yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama di DPRD. Wakil Ketua DPRD Kabupaten/kota ialah anggota DPRD yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak kedua, dan ketiga. Dalam hal terdapat lebih dari 1 (satu) partai politik yang memperoleh kursi terbanyak sama, ketua dan wakil ketua ditentukan berdasarkan urutan hasil perolehan suara terbanyak dalam pemilihan umum. Dalam hal terdapat lebih dari 1 (satu) partai politik yang memperoleh suara sama, ketua dan wakil ketua ditentukan berdasarkan persebaran perolehan suara.[2][3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan | PP Nomor 1 Tahun 2001 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-08. 
  2. ^ "Fungsi, Tugas, Wewenang dan Hak DPRD - DPRD KAPUPATEN LAMPUNG BARAT". dprd-lampungbaratkab.go.id. Diakses tanggal 2020-01-08. 
  3. ^ "Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat DPRD". wonosobokab.go.id (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-30. Diakses tanggal 2020-01-08.