Kesadaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gambaran mengenai kesadaran oleh Robert Fludd, seorang dokter Paracelsian Inggris dari abad ke-17.

Kesadaran yang paling sederhana adalah perasaan atau kesadaran akan keberadaan internal dan eksternal,[1] meskipun ribuan tahun analisis, definisi, penjelasan dan perdebatan oleh filsuf dan ilmuwan, kesadaran tetap membingungkan dan menjadi hal yang kontroversial,[2] tetapi gagasan yang disepakati secara luas tentang topik ini adalah intuisi bahwa topik tersebut ada.

Ada perbedaan pendapat tentang apa yang sebenarnya perlu dipelajari dan dijelaskan sebagai kesadaran. Kesadaran identik dengan pikiran. Di masa lalu, itu adalah kehidupan batin seseorang, dunia introspeksi, pemikiran pribadi, imajinasi dan kemauan. Sedangkan di hari ini, sering kali mencakup beberapa jenis pengalaman, kognisi, perasaan atau persepsi. Ada tingkat atau urutan kesadaran yang berbeda, atau jenis kesadaran yang berbeda, atau hanya satu jenis dengan ciri yang berbeda. Pertanyaan lain termasuk apakah hanya manusia yang sadar, semua hewan, atau bahkan seluruh alam semesta.

Perspektif antar disiplin[sunting | sunting sumber]

Filsuf Barat sejak zaman Descartes dan Locke telah berjuang memahami hakikat kesadaran dan bagaimana hal itu cocok dengan gambaran yang lebih besar dari dunia. Masalah-masalah ini juga merupakan topik penting dalam filsafat kontinental dan analitik, masing-masing dalam fenomenologi dan filsafat budi. Beberapa pertanyaan dasar meliputi: apakah kesadaran merupakan materi; apakah mungkin mesin seperti komputer atau robot memiliki kesadaran; bagaimana kesadaran berhubungan dengan bahasa; bagaimana kesadaran sebagai wujud berhubungan dengan dunia pengalaman; bagaimana peran diri individu dalam pengalaman; apakah pemikiran individual memungkinkan atau tidak; dan apakah konsep tersebut secara fundamental koheren.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "consciousness". Merriam-Webster. Diakses tanggal June 4, 2012. 
  2. ^ Robert van Gulick (2004). "Consciousness". Stanford Encyclopedia of Philosophy. Metaphysics Research Lab, Stanford University. 

Karya dan pranala luar[sunting | sunting sumber]