Kertas jamban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kertas tissue)
Segulung tisu toilet.

Tisu toilet atau kertas jamban[1] adalah tisu/kertas yang digunakan untuk membersihkan anus dan alat kelamin setelah buang air besar dan kecil. Kertas tisu dirancang untuk terurai dalam air sehingga tidak menyumbat saluran limbah. Tisu toilet diketahui digunakan pertama kali pada abad ke-6 di China guna keperluan sanitasi. Pada tahun 1857, tisu toilet mulai diproduksi dan dijual oleh pengusaha berkebangsaan Amerika Serikat, Joseph Gayetti.[2]

Kertas jamban biasanya ditemukan atau dipakai orang barat. Negara-negara tersebut seperti Prancis dan Amerika. Banyak orang barat menggunakan tisu toilet dan menggunakan toilet duduk. Tapi di sebagian besar bagian dunia lain, kebiasaan ini dilihat aneh dan mungkin kurang higienis. Di banyak negara Barat, orang-orang lebih gemar menggunakan tisu dibandingkan bercebok dengan air, suatu kebiasaan yang menjadi sumber kebingungan di seluruh dunia.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "Arti kata kertas jamban - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 10-09-2022. 
  2. ^ Azanella, Luthfia Ayu (2020-06-30). Ratriani, Virdita Rizki, ed. "Melihat Kebiasaan Cebok dengan Tisu pada Budaya Barat". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-01-15.