Kerak-palsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kerak-palsu
Quiscalus

Common grackle (Quiscalus quiscula)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliIcteridae
GenusQuiscalus
Vieillot, 1816
Species
  • Quiscalus quiscula
  • Quiscalus major
  • Quiscalus mexicanus
  • Quiscalus nicaraguensis
  • Quiscalus niger
  • Quiscalus lugubris
  • Quiscalus palustris ()

Genus burung Quiscalus berisi tujuh dari 11 spesies kerak-palsu, burung pengicau yang suka berteman dalam keluarga icterid . Mereka berasal dari Amerika Utara dan Selatan .

Genus ini diberi nama dan dijelaskan oleh ahli burung Perancis Louis Pierre Vieillot pada tahun [1] Jenis spesies ini kemudian ditetapkan sebagai kerak-palsu Amerika Utara ( Quiscalus quiscula ) oleh ahli zoologi Inggris George Robert Gray pada tahun 1840.[2] [3] Nama genus berasal dari nama spesifik Gracula quiscula yang diciptakan oleh naturalis Swedia Carl Linnaeus [4] Dari mana Linnaeus memperoleh kata tersebut tidak diketahui secara pasti, namun mungkin berasal dari kata Taíno quisqueya, yang berarti "ibu dari segala negeri", untuk pulau Hispaniola . [5]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> Quiscalus mayor Kerak-palsu ekor-perahu Florida dan pesisir Amerika Serikat Tenggara
</img> Quiscalus quiscula Kerak-palsu Amerika Utara Amerika Utara
</img> Quiscalus meksikanus Kerak-palsu ekor-besar Venezuela barat laut dan Kolombia barat dan Ekuador di selatan hingga Minnesota di utara, hingga Oregon, Idaho, dan California di barat, hingga Florida di timur, dengan gelandangan terjadi di utara hingga Kanada selatan
</img> Quiscalus palustris Kerak-palsu paruh-ramping endemik Meksiko tengah, yaitu Lembah Meksiko dan Lembah Toluca (punah sekitar tahun 1910)
</img> Quiscalus niraguensis Kerak-palsu Nikaragua Nikaragua dan Kosta Rika paling utara
</img> Quiscalus niger Kerak-palsu Antillen Besar Antillen Besar
</img> Quiscalus lugubris Kerak-palsu karib Kolombia di timur hingga Venezuela dan Brasil timur laut

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vieillot, Louis Pierre (1816). Analyse d'une Nouvelle Ornithologie Élémentaire (dalam bahasa Prancis). Paris: Deterville/self. hlm. 36. 
  2. ^ Gray, George Robert (1840). A List of the Genera of Birds : with an Indication of the Typical Species of Each Genus. London: R. and J.E. Taylor. hlm. 41. 
  3. ^ Paynter, Raymond A. Jr, ed. (1968). Check-list of Birds of the World. 14. Cambridge, Massachusetts: Museum of Comparative Zoology. hlm. 187. 
  4. ^ Linnaeus, Carl (1758). Systema Naturae per regna tria naturae, secundum classes, ordines, genera, species, cum characteribus, differentiis, synonymis, locis (dalam bahasa Latin). 1 (edisi ke-10th). Holmiae (Stockholm): Laurentii Salvii. hlm. 109. 
  5. ^ Jobling, James A. (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 328–329. ISBN 978-1-4081-2501-4.