Kepulauan Desventuradas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta Kepulauan Desventuradas (Chile)
Lokasi Kepulauan Desventuradas di Negara Chile

Kepulauan Desventuradas (Islas de los Desventurados[1], terj. har.'"Kepulauan Tak Beruntung"') merupakan sekelompok pulau yang beranggotakan empat pulau kecil yang terletak berjarak 850 kilometer (530 mi) dari lepas pantai negara Chile sebelah barat laut dari Kota Santiago di Samudra Pasifik.[2] Luas keseluruhan daratan kepulauan Desventuradas adalah 4 kilometer persegi (1,5 sq mi).

Flora yang tumbuh di daerah ini adalah sejenis semak belukar, tumbuhan yang tumbuh pada bebatuan, pepohonan dengan beragam jenis ukuran serta pakis. Jenis satwa yang berada di wilayah ini berupa beberapa jenis burung. Jenis burung yang ditemukan di kepulauan ini berupa 10 jenis burung laut dan satu jenis burung darat. Beberapa di antara jenis burung termasuk burung yang hampir punah.

Wilayah ini merupakan pulau tak berpenghuni karena sangat terpencil dan jalur menuju ke kepulauan ini sangat sulit. Selain sulit dijangkau, di kepulauan ini tidak terdapat sumber mata air segar yang mengalir sepanjang tahun. Walaupun tak berpenghuni, sejumlah detasemen angkatan laut ditempatkan di wilayah ini tepatnya di pulau Isla San Félix.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kepulauan ini pertama kali ditemukan bangsa Eropa oleh pelaut yang bernama Juan Fernández pada tahun 1574, atau mungkin telah ditemukan oleh penjelajah Ferdinand Magellan pada tahun 1520. Pedro Sarmiento de Gamboa pada tahun 1579 menulis perjalanan lautnya tentang kepulauan laut ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sebuah referensi tentang penelitian arkeologi" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2014-02-12. Diakses tanggal 2012-02-28. 
  2. ^ Desventuradas Islands