Keping Keberuntungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gober dan keping keberuntungannya di filmDuckTales

Keping Keberuntungan adalah salah satu benda fiktif yang muncul dalam komik Disney. Koin ini pertama kali muncul dalam cerita "The Round Money Bin", dibuat oleh Carl Barks dan dipulbikasi di Uncle Scrooge #3 (September 1953).

Menurut Don Rosa, Paman Gober mendapatkan koin ini ketika dia bekerja di kota kelahirannya, Glasgow sebagai tukang semir ketika dia berumur 10 tahun. Orang yang disemir sepatunya oleh Paman Gober, yang bernama Burt, "menipu" Gober kecil menurut pandangan Gober sendiri, karena orang itu memberi Gober koin Amerika (Koin dari Amerika tidak bisa dipakai di Skotlandia). Namun kenyataannya, ayah Gober, Fergus Bebek, memberi Burt koin untuk membayarnya. Gober tidak mengetahuinya, namun saudaranya, Matilda Bebek dan Hortensia Bebek mengetahuinya. Mimi Hitam, kembali ke masa lalu untuk melihat hari Gober mendapatkan keping itu, dan ternyata, Gober kecil menyimpan uang itu agar dia selalu ingat dan tidak tertipu lagi pada masa depan. Ketika dia bermigrasi ke Amerika beberapa tahun kemudian, dia terus membawa koin ini. Sampai dia menjadi bebek terkaya di dunia, dia masih menyimpannya di sebuah atas bantal di dalam sebuah tabung kaca.

Semua keponakannya seperti Donal Bebek, Kwik, Kwek dan Kwak, dan Untung Angsa berpikir kalau itu benar-benar koin pembawa keberuntungan, tetapi Gober sendiri menyimpannya hanya sebagai pengingat.

Mimi Hitam percaya kalau koin ini punya kekuatan sihir dan dia selalu mencoba untuk mencuri dan melelehkan koin ini agar dia bisa memiliki kekuatan Sentuhan Midas.

Pertama kali Mimi Hitam mendapat koinnya ada pada episode "The Midas Touch", dimana dia dia dan Nona Ketik muncul pertama kali. Mimi Hitam ingin melebur koin dari orang kaya yang akan memberinya sentuhan midas, lalu Mimi menawar koin itu dengan menukarnya dengan 1 dollar, lalu Gober menjualnya. Setelah menyadarinya, dia lari mengejar Mimi dan memintanya untuk mengembalikannya dan menggantinya dengan yang lain (Gober tidak dapat memaksanya karena dia mendapatkannya dengan jujur) dan Mimi setuju, karena tidak tahu itu adalah keping pertama Gober. Gober sangat gembira dan memberitahunya itu adalah koin pertamanya, Mimi langsung mencurinya, Gober dan keponakannya lalu pergi ke Gunung Vesuvius untuk mendapatkannya kembali.

Dalam 2 cerita, Mimi berhasil mendapatkan koin ini, tetapi kemudian ia mengira bahwa koin tersebut tidak akan berguna. Dalam The Life and Times of Scrooge McDuck - Bagian 0 - Of Ducks and Dimes and Destines, dia mencurinya sebelum Gober mendapatkannya, namun mengembalikannya karena dia berpikir kalau koin itu bukan koin pertama yang dimiliki Orang Terkaya di Dunia. Dalam A Little Something Special, dia bekerja sama dengan Kakek Siberat, Gerombolan Siberat dan Gover Bebek untuk mendapatkan keping keberuntungan. Saat penjahat lainnya menaruh uang Gober ke dalam truk, Gober memberi tahu Mimi kalau dia tidak lagi kaya, dan Mimi berpikir kalau koinnya akan tidak berguna untuk sihirnya. Karena dia tidak ada ide untuk membuatnya bekerja, Gober memberinya saran. Akhirnya Mimi mengakhiri cerita dengan mencuri keping pertama Gover.