Kepala amben

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepala amben kayu

Kepala amben adalah bagian perabot yang menempel pada kepala ranjang. Secara historis digunakan untuk mengisolasi bantalan tidur dari suhu dingin, penggunaan modern terutama untuk tujuan estetika atau fungsional.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kepala amben adalah perabot yang menempel pada kepala tempat tidur — ujung tempat tidur tempat kepala seseorang bersandar. Kepala amben sering kali dilengkapi dengan kaki amben untuk keseimbangan estetika.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Secara historis, kepala amben berfungsi untuk mengisolasi bantalan tidur dari angin dan dingin di bangunan yang kurang terisolasi, dan karenanya terbuat dari kayu, yang kurang konduktif terhadap panas dibandingkan batu atau bata. Dibangun untuk menciptakan ruang dari dinding (melalui pilar ujung yang lebih tebal), mereka membiarkan udara dingin turun ke lantai daripada ke tempat tidur.[1]

Saat ini, di tempat tinggal dengan pemanas dan insulasi yang lebih baik, kepala amben terutama memiliki fungsi estetika, serta fungsi praktis kecil, seperti menjaga bantal agar tidak jatuh dari tempat tidur. Fasilitas tersebut mungkin mencakup ruang penyimpanan buku dan barang-barang pribadi, serta fasilitas seperti lampu dan telepon.[2] Kepala amben rumah sakit dapat menggabungkan fungsi perawatan kritis.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Headboards Original Purpose". BedBoards Design Co. 18 February 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 July 2014. Diakses tanggal 22 July 2014. 
  2. ^ "40 Dreamy DIY Headboards You Can Make by Bedtime". DIY&Crafts. 11 July 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2022. Diakses tanggal 22 July 2014.