Kendaraan mobilitas infanteri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ATF Dingo Angkatan Darat Jerman adalah kendaraan mobilitas infanteri yang terlindungi dengan baik yang digunakan oleh beberapa angkatan bersenjata Eropa

Kendaraan mobilitas infanteri (KMI) atau Infantry Mobility Vehicle (IMV) adalah kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) beroda yang berfungsi sebagai kendaraan patroli militer, pengintaian, atau keamanan. Contohnya termasuk ATF Dingo, Iveco LMV, Oshkosh M-ATV, AMZ Dzik, AMZ Tur, Mungo ESK, and Bushmaster IMV. This term also applies to those vehicles fielded as part of the MRAP program.

IMV dikembangkan sebagai tanggapan terhadap ancaman perang modern, dengan penekanan pada perlindungan kru dan ketahanan ranjau. Kendaraan serupa ada jauh sebelum istilah IMV diciptakan, seperti VAB Prancis dan Buffel Afrika Selatan. Istilah ini semakin sering digunakan untuk membedakan APC beroda 4x4 ringan dari APC beroda 6x6 dan 8x8 tradisional. Varian Humvee M1114 lapis baja dapat dilihat sebagai adaptasi dari Humvee tanpa lapis baja untuk berperan dalam peran IMV.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1994, Departemen Pertahanan Australia mengidentifikasi kebutuhan untuk memobilisasi infanteri melalui perolehan kendaraan yang tidak terlindungi dan terlindungi. Hal ini akhirnya mengarah pada pengembangan Kendaraan Mobilitas Infanteri Bushmaster, yang kemudian disebut sebagai Kendaraan Mobilitas yang Dilindungi Bushmaster.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kendaraan Mobilitas Infanteri pertama kali ditemukan selama Perang Bush Rhodesian. Menanggapi meningkatnya ancaman ranjau, sejumlah kendaraan "Tambang Ambush Protected" diproduksi secara improvisasi untuk pasukan pemerintah Rhodesian di bengkel unit dan perusahaan baja nasional dari sekitar tahun 1972.[1] Unit serupa dikembangkan oleh Afrika Selatan, seperti Casspir.

Kendaraan Mobilitas Infanteri Bushmaster dirancang untuk militer Australia pada 1990-an dan ratusan kendaraan mulai beroperasi.

Menanggapi meningkatnya ancaman IED dalam Perang Global Melawan Teror, sejumlah besar IMV diakuisisi oleh pihak yang berperang. Pada tahun 2002, Korps Marinir Amerika Serikat mulai mengerahkan Cougars yang dibangun oleh Force Protection untuk digunakan di Afghanistan. Ribuan unit telah dipesan masing-masing sebagai bagian dari program American Mine Resistant Ambush Protected dan Joint Light Tactical Vehicle. IMV dikerahkan secara ekstensif oleh pasukan ISAF di Afghanistan. Mereka telah dikerahkan oleh AS, Inggris, dan Australia selama Perang Irak.

Pada tahun 2018, pasukan Peshmerga di Suriah terlihat di IMV buatan Amerika.[2]

Peran[sunting | sunting sumber]

Kendaraan Mobilitas Infanteri dirancang untuk menggantikan kendaraan yang lebih ringan dan kurang terlindungi di antara pasukan eselon belakang dan dalam konflik intensitas rendah. Mereka adalah alternatif yang lebih terlindungi dari jip dan truk sedang dalam peran patroli dan transportasi. Mereka dirancang untuk melawan ranjau dan penyergapan; ini termasuk tembakan senjata ringan sporadis, ancaman seperti IED dan ranjau anti-tank, dan senjata anti tank portabel seperti RPG-7.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rhodesian Mine Ambush Protected Vehicles 1975-80 | WeaponsMan". web.archive.org. July 9, 2018. Archived from the original on 2018-07-09. Diakses tanggal 2021-09-07. 
  2. ^ Rempfer, Kyle (November 21, 2018). "US-backed Syrian fighters spotted in MRAPs prior to ISIS assault". Military Times. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]