Kelompok Partai Rakyat Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kelompok Partai Rakyat Eropa adalah kelompok politik di Parlemen Eropa yang terdiri atas deputi dari partai anggota Partai Rakyat Eropa (European People's Party/EPP), partai nasional lain tanpa afiliasi, dan deputi independen. [1] Dalam hal ini, ada perbedaan antara EPP sendiri (partai tingkat Eropa dari partai politik kanan tengah nasional dari seluruh Eropa) dengan Kelompok EPP (yang juga beranggotakan deputi yang tidak berasal dari partai anggota EPP) dalam Parlemen Eropa. EPP sebagai besar terdiri atas politikus berorientasi demokrasi Kristen, konservatisme, dan konservatisme liberal. [2]

EPP secara resmi didirikan sebagai partai politik Eropa pada 1976. Namun, Kelompok EPP dalam Parlemen Eropa telah ada dalam berbagai bentuk sejak Juni 1953, yang menjadikannya sebagai salah satu kelompok politik tingkat Eropa tertua. Besar kelompok ini telah memberikan pengaruh terhadap semua lembaga Uni Eropa. Kelompok EPP telah menjadi kelompok politik terbesar di Parlemen Eropa sejak 1999. Dalam Dewan Eropa, 9 dari 28 Kepala Negara dan Pemerintahan merupakan anggota Kelompok EPP, sedangkan dalam Komisi Eropa, 13 dari 27 Komisioner berasal dari partai anggota EPP.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Staab, Andreas (2011). The European Union Explained, Second Edition: Institutions, Actors, Global Impact. Indiana University Press. hlm. 67. ISBN 978-0-253-00164-1. Diakses tanggal 5 Agu 2013. 
  2. ^ Raunio, Tapio (2012). "Political Interests: the European Parliament's Party Groups". Dalam John Peterson; Michael Shackleton. The Institutions of the European Union. Oxford University Press. hlm. 340. ISBN 978-0-19-957498-8. Diakses tanggal 7 Agu 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]