Lompat ke isi

Keling-peri cenderawasih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keling-peri cenderawasih
Cirrhilabrus cenderawasih Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN187543 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliLabridae
GenusCirrhilabrus
SpesiesCirrhilabrus cenderawasih Edit nilai pada Wikidata
Allen dan Erdmann, 2006

Cirrhilabrus cenderawasih atau keling-peri cenderawasih merupakan spesies yang umumnya hidup di terumbu karang terlindung di tepi laut, di dunia yang kaya akan terumbu karang dan bentang alam geografisnya. Bagian timur Teluk Cenderawasih lebih melimpah pada kedalaman di bawah sekitar 35 m, meskipun pada kedalaman antara sekitar 22 hingga 60 m. Mereka umumnya ditemukan di Pasifik Barat, Indonesia . Kelompok pulau ini merupakan ikan karang yang sangat endemik dalam berbagai genera, dan diamati sekitar 10 hingga 20 individu termasuk satu atau lima jantan yang biasanya ditemui di substrat reruntuhan di dasar lereng. [2] Cirrhilabrus cenderawasih jantan berwarna merah muda memudar hingga putih di dekat perut dan merupakan ciri khas kompleks. Bercak kuning memanjang melintasi batas merah muda/putih yang dimulai dari sirip dada hingga sekitar dua pertiga panjang tubuh. Betinanya berwarna merah muda lengkap dengan satu titik ekor hitam, jika tidak, akan sulit diidentifikasi tanpa petunjuk kontekstual. Panjang cenderawasih Cirrhilabrus jantan SL 6,5 cm dan SL betina 4,7 cm.[3] Semenanjung Kepala Burung terletak di barat laut provinsi Papua Barat sehingga dinamakan Kepala Burung dan merupakan pusat dari tiga terumbu karang penting. [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "IUCN Red List of Threatened Species: Cirrhilabrus cenderawasih". IUCN Red List of Threatened Species. Diakses tanggal 13 May 2022. 
  2. ^ a b TYK, Lemon (2014-10-10). "Photos of Cirrhilabrus cenderawasih and Paracheilinus walton give us a glimpse into the endemic life of West Papua". Reef Builders | The Reef and Saltwater Aquarium Blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-05-08. 
  3. ^ "Cirrhilabrus cenderawasih, Cenderawasih wrasse". www.fishbase.se. Diakses tanggal 2022-05-08.