Kelinci-batu pohon timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelinci-batu pohon timur
Dendrohyrax validus

Status konservasi
Hampir terancam
IUCN136599
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoHyracoidea
FamiliProcaviidae
GenusDendrohyrax
SpesiesDendrohyrax validus

Kelinci-batu pohon timur ( Dendrohyrax validus ) adalah spesies mamalia dalam keluarga Procaviidae . Kelinci-batu pohon timur adalah spesies kelinci-batu pohon yang paling terlokalisasi, tersebar tidak merata di hutan dataran rendah dan pegunungan sempit di Kenya dan Tanzania serta pulau-pulau sekitarnya. [2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kelinci-batu pohon timur adalah mamalia kecil mirip tikus Belanda dengan bulu lebat dan lembut serta jari kaki yang tumpul dan dipaku. Beratnya rata-rata 275 kilogram or 606,3 pon dan memiliki panjang kepala-tubuh 470 hingga 558 milimeter (18,5 hingga 22,0 in) . [3] Tidak ada ekor yang terlihat. Pelage bervariasi, dengan warna punggung mulai dari coklat kayu manis hingga kehitaman, dan bagian bawah lebih pucat. Individu juga memiliki kelenjar aroma punggung yang khas yang ditandai dengan sepetak rambut berwarna terang yang kontras. Ada variasi yang cukup besar antar subspesies seperti yang dijelaskan saat ini. Rostrum relatif panjang, tetapi berambut bagus, tidak seperti kelinci-batu pohon barat yang terkait. Individu dari spesies ini sulit dibedakan dari kelinci-batu pohon selatan terkait, yang sebelumnya dianggap sejenis; Namun, bulu kelinci-batu pohon selatan biasanya lebih beruban. [3]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Kelinci-batu pohon timur hidup menyendiri, hidup di lubang pohon, dan berkomunikasi dengan individu lain melalui panggilan vokal berulang dan penandaan aroma. [4] Kebanyakan tempat bertengger hanya dihuni oleh satu hewan, kecuali betina yang mempunyai satu anak. Mereka adalah pemanjat terampil yang sebagian besar mencari makan di tajuk daun pohon, dan membentuk tumpukan sampah besar di dekat pohon tempat bertengger.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Kelinci-batu pohon timur sebagian besar terbatas di hutan pegunungan, tetapi juga terdapat di hutan dataran rendah yang berdekatan dan bahkan hutan kering tropis di karang di Zanzibar dan Pemba. Jumlahnya paling banyak terdapat di dataran rendah, namun terdapat di ketinggian 3.070 meter di Gunung Kilimanjaro, meskipun kepadatannya berkurang karena kelangkaan pohon besar. [5]

Pada tahun 2015, IUCN menetapkan kelinci-batu pohon timur sebagai Hampir Terancam (NT). [6] Ancaman utamanya meliputi penggundulan hutan dan perburuan, dan individu sering kali menjadi mangsa anjing. Predator alami yang diketahui termasuk macan tutul, elang mahkota, dan ular piton Afrika .

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Kelinci-batu pohon Timur adalah endemik di negara-negara Afrika Timur seperti Tanzania dan Kenya; mereka sebagian besar mendiami kaki bukit dan hutan pegunungan Gunung Kilimanjaro, Gunung Meru, dan Pegunungan Arc Timur . Arc Timur menampilkan rangkaian hutan peninggalan kuno yang terisolasi, membentang dari Perbukitan Taita di Kenya Selatan hingga Pegunungan Udzungwa di Tanzania. Kelinci-batu juga terdapat di pesisir antara Wilayah Tanga, Tanzania, dan Mombasa, Kenya, serta di pulau Zanzibar dan Pemba . [7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hoeck, H.; Rovero, F.; Cordeiro, N.; Butynski, T.; Perkin, A.; Jones, T. (2015). "Dendrohyrax validus": e.T136599A21288090. doi:10.2305/IUCN.UK.2015-2.RLTS.T136599A21288090.en. 
  2. ^ Kingdon J, Butynski T, Hoffmann M, Happold M, Kalina J. Genus Dendrohyrax. In: Mammals of Africa. Vol. 1: Introductory Chapters and Afrotheria. Bloomsbury Publishing; 2031:152–161.
  3. ^ a b Kingdon J, Butynski T, Hoffmann M, Happold M, Kalina J. Genus Dendrohyrax. In: Mammals of Africa. Vol. 1: Introductory Chapters and Afrotheria. Bloomsbury Publishing; 2031:152–161.
  4. ^ Kingdon J, Butynski T, Hoffmann M, Happold M, Kalina J. Genus Dendrohyrax. In: Mammals of Africa. Vol. 1: Introductory Chapters and Afrotheria. Bloomsbury Publishing; 2031:152–161.
  5. ^ Kingdon J, Butynski T, Hoffmann M, Happold M, Kalina J. Genus Dendrohyrax. In: Mammals of Africa. Vol. 1: Introductory Chapters and Afrotheria. Bloomsbury Publishing; 2031:152–161.
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ref_iucn2
  7. ^ Kingdon J, Butynski T, Hoffmann M, Happold M, Kalina J. Genus Dendrohyrax. In: Mammals of Africa. Vol. 1: Introductory Chapters and Afrotheria. Bloomsbury Publishing; 2031:152–161.