Keju Appenzeller

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Appenzell / Appenzeller
Negara asalSwiss
WilayahAppenzell, St. Gallen, Thurgau
Sumber susuSapi
DipasteurisasiTidak
TeksturKeras
Kadar lemak48%
Waktu pematanganMinimal 3 bulan
SertifikasiTidak[1]

Appenzeller atau Appenzell adalah keju yang berasal dari daerah Appenzell di Swiss dan dibuat dengan menggunakan susu sapi mentah.[1] Walaupun berasal dari Appenzel, keju ini telah diproduksi juga di daerah St. Gallen dan Thurgau.[1] Susu yang digunakan untuk membuat keju ini berasal dari sapi yang diberi makan jerami.[1] Keju ini memiliki bentuk yang bundar dan berwarna kuning.[1][2] Keju Appenzeller memiliki tektur yang padat dan cukup keras.[2] Di bagian dalam dari keju ini terdapat lubang-lubang kecil yang berukuran tidak lebih dari kacang tanah.[2] Bagian kulit dari keju ini berwarna antara kuning pucat hingga oranye.[2] Warna tersebut didapat karena keju ini direndam dalam ramuan bumbu, anggur putih dan garam.[2] Keju Appenzeller melalui proses pematangan selama minimal tiga hingga empat bulan.[2][1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8. 
  2. ^ a b c d e f (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 102.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]