Kegubernuran Ajloun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kegubernuran Ajloun (محافظة عجلون)
Kegubernuran
Ajloun City.jpg
Kota Ajloun ibu kota Kegubernuran Ajloun
Negara Yordania
Ibukota Ajloun
 - elevasi 760 m (2.493 ft)
Area 420 km2 (162 sq mi)
Population 146.900 (2012)
Density 350,1 / km² (907 / sq mi)
Gubernur Ali Azzam
Perkotaan 75.9%
Pedesaan 24.1%
Ajloun in Jordan.svg
Kegubernuran Ajloun di Yordania

Kegubernuran Ajloun (pengucapan alternatif Kegubernuran Ajlun) (Arab: محافظة عجلون‎) adalah salah satu Kegubernuran di Yordania, yang terletak di utara Amman ibu kota Yordania. Kegubernuran Ajloun merupakan kegubernuran dengan terpadat keempat di Yordania (setelah Kegubernuran Irbid, Jerash, dan Balqa) dengan kepadatan penduduk 350,1 orang/km² (perkiraan 2012). Kegubernuran ini berbatasan dengan Kegubernuran Jerash di tenggara dan Kegubernuran Irbid di utara dan barat.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Kementerian Dalam Negeri membagi Kegubernuran Ajloun menjadi 2 departemen

  1. Departemen Ibu kota: termasuk 50 kota dan desa, dengan pusat administratif di Ajloun
  2. Departemen Kofranjah: termasuk 19 kota dan desa, dengan pusat administratif di Kofranjah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ajloun terletak di dataran tinggi dan memiliki salah satu hutan yang paling indah di Yordania, dan terkenal dengan musim dinginnya yang lama. Ajloun juga terkenal dengan bentengnya, Benteng Ajloun, yang dahulu memiliki nama Benteng Shalahuddin. Benteng tersebut dibangun sebagai perlindungan alami untuk melindungi geografis Ajloun dari pasukan salib.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Ajloun dikenal dengan dataran tingginya, yang menjadikan sebagai salah satu kota terdingin di Yordania, dengan temperatur maksimal rata-rata sepanjang Januari 8,2 Celcius dan temperatur minimal rata-rata 2,8 Celcius. Salju turun pada musim dingin adalah hal yang biasa dan kota Ajloun bersiap dengan hal tersebut.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Kegubernuran Ajloun bergantung dengan pertanian. Pada tahun 2008, perkebunan zaitun, anggur dan buah-buahan terbentang seluas 141,4 km² yaitu 34% dari luas Kegubernuran Ajloun.[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Terdapat 28 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah di Ajloun, sebagian besar adalah negeri, dan juga terdapat Ajloun University College, sebuah perguruan tinggi negeri dan Ajloun National University, sebuah perguruan tinggi swasta.

Desa-desa penting[sunting | sunting sumber]

Beberapa kota dan desa terkenal di Ajloun (selain Ajloun sendiri) antara lain: Ibbeen "ُEbeen", Sakhra, Mrajjam, Rasoun, Ain Janna, Kufranji, Anjara, Al Hashimiyya dan Orjan.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ministry of Agriculture - Jordan (Arabic)". moa.gov.jo. Diakses tanggal 2012-05-14.