Hubungan Gereja Ortodoks Timur dengan Yudaisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hubungan kerukunan Gereja Ortodoks Timur bersama orang Yahudi memiliki pengertian yang lebih mirip secara signifikan dibandingkan agama Yudaisme, termasuk Katolik dan Protestan.

Pernyataan patriarki[sunting | sunting sumber]

Sikap Kristen Ortodoks terhadap orang Yahudi terlihat dalam ensiklik tahun 1568 yang ditulis oleh Patriark Ekumenis Metrophanes III (1520-1580) kepada Ortodoks Yunani di Kreta (1568) menyusul laporan bahwa orang Yahudi dianiaya.

Patriark menyatakan: "Ketidakadilan ... terlepas dari siapa pun yang bertindak atau melawannya, tetaplah ketidakadilan. Orang yang tidak adil tidak pernah dibebaskan dari tanggung jawab atas tindakan-tindakan ini dengan dalih bahwa ketidakadilan tersebut dilakukan terhadap orang yang heterodoks dan bukan terhadap orang yang beriman. Seperti yang dikatakan Tuhan kita Yesus Kristus dalam Injil, jangan menindas atau menuduh siapa pun secara salah; jangan membeda-bedakan atau memberi ruang kepada orang beriman untuk melukai orang yang menganut keyakinan lain.

Pandangan tentang keselamatan dan pluralisme[sunting | sunting sumber]

Pandangan tradisional Yahudi adalah bahwa orang non-Yahudi dapat menerima anugerah penyelamatan Tuhan (lihat Noahides), dan pandangan ini juga berlaku dalam agama Kristen Ortodoks. Menulis untuk Keuskupan Agung Ortodoks Yunani Amerika, Pendeta Protopresbiter George C. Papademetriou telah menulis ringkasan pandangan Kristen klasik dan Kristen Ortodoks Timur tentang keselamatan orang non-Kristen, yang berjudul Pandangan Kristen Ortodoks tentang Agama-Agama Non-Kristen.

Pada tahun 1981,[1] Profesor John N. Karmiris, Universitas Athena, berdasarkan studinya terhadap para Bapa Gereja, menyimpulkan bahwa keselamatan orang-orang non-Kristen, non-Ortodoks, dan bidah bergantung pada maha baik, maha bijaksana, dan sesat. Tuhan yang Mahakuasa, yang bertindak di dalam Gereja tetapi juga melalui “cara” lain.[2] Anugerah penyelamatan Tuhan juga disalurkan di luar Gereja. Tidak dapat diasumsikan bahwa keselamatan tidak diberikan kepada orang-orang non-Kristen yang hidup dalam kesalehan sejati dan menurut hukum kodrat oleh Tuhan yang "adalah kasih" (1 Yohanes 4:8), Dalam keadilan dan belas kasihan-Nya Tuhan akan menilai mereka layak meskipun mereka layak. di luar Gereja yang benar. Pendapat ini dianut oleh banyak orang Ortodoks yang setuju bahwa keselamatan Allah berlaku bagi semua orang yang hidup menurut "gambar"-Nya dan "berpartisipasi dalam Logos. " Roh Kudus bertindak melalui para nabi Perjanjian Lama dan bangsa-bangsa. Keselamatan juga terbuka di luar Gereja.

Ada yang membandingkan Gereja dengan Bahtera Nuh. Bukan tidak mungkin bagi seseorang untuk “selamat dari banjir” dosa dengan berpegang teguh pada kayu apung apa pun yang ada di sekitarnya atau dengan mencoba membuat rakit dari potongan-potongan apa pun yang mengapung, namun Bahtera adalah pilihan yang jauh lebih aman untuk diambil. Demikian pula, orang-orang heterodoks dan bahkan non-Kristen bisa diselamatkan hanya melalui pilihan Tuhan sendiri, yang dibuat karena alasan-alasan-Nya sendiri, namun jauh lebih aman bagi setiap orang untuk beralih ke Gereja Ortodoks. Oleh karena itu, umat Kristen Ortodoks perlu menasihati orang lain agar mengambil jalan yang lebih aman ini. Demikian pula, kaum Ortodoks ingat bahwa Kristus menyebutkan satu, dan hanya satu hal yang selalu mengarah pada kebinasaan–penghujatan terhadap Roh Kudus. Tidak ada jalan lain yang secara eksplisit dan universal dikecualikan oleh perkataan Kristus.

Para peserta sepakat untuk membentuk komite koordinasi permanen untuk memelihara dan membina hubungan yang berkelanjutan. Komite ini akan bersama-sama memantau prinsip-prinsip yang disampaikan pada pertemuan tersebut dan selanjutnya akan meningkatkan dialog dan menumbuhkan pemahaman antara komunitas agama masing-masing.

Pertemuan Akademik Kelima[sunting | sunting sumber]

Pertemuan Akademik Kelima antara Yudaisme dan Kristen Ortodoks diadakan di Thessaloniki, Yunani, pada tanggal 27-29 Mei 2003. Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Metropolitan Emmanuel dari Perancis, yang mengepalai Kantor Urusan Internasional dan Antar Budaya pada Kantor Penghubung Ekumenis Patriarkat ke Uni Eropa, Brussel, bekerja sama dengan Komite Yahudi Internasional untuk Konsultasi Antaragama, New York, Diketuai Bersama oleh Rabbi Israel Singer yang juga Ketua Kongres Yahudi Dunia, dan Rabbi Joel Meyers yang juga Wakil Presiden Eksekutif dari Majelis Kerabian. Dalam pidato pembukaannya, Patriark Ekumenis Bartholomew mengecam fanatisme agama dan menolak upaya agama mana pun untuk merendahkan agama lain.

Prinsip hubungan sunting Prinsip-prinsip berikut diadopsi pada pertemuan tersebut:[3]

  • Yudaisme dan Kristen, sambil mendengarkan sumber-sumber yang sama, tetap mempertahankan individualitas dan partikularitas internal mereka.
  • Tujuan dari dialog kita adalah untuk menghilangkan prasangka dan untuk meningkatkan semangat saling pengertian dan kerja sama yang konstruktif untuk menghadapi masalah bersama.
  • Proposal khusus akan dikembangkan untuk mendidik umat kedua agama untuk meningkatkan hubungan yang sehat berdasarkan rasa saling menghormati dan memahami untuk menghadapi kefanatikan dan fanatisme.
  • Menyadari krisis nilai-nilai etika dan spiritual di dunia kontemporer, kami akan berupaya mengidentifikasi model-model historis hidup berdampingan secara damai, yang dapat diterapkan pada komunitas minoritas Yahudi dan Ortodoks di Diaspora.
  • Kami akan memanfaatkan sumber-sumber spiritual kami untuk mengembangkan program-program guna memajukan dan meningkatkan nilai-nilai bersama seperti perdamaian, keadilan sosial, dan hak asasi manusia, khususnya dalam menangani permasalahan kelompok agama minoritas.

Referensi[sunting | sunting sumber]