Lompat ke isi

Kecici belalang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kecici belalang
Locustella certhiola dan Helopsaltes certhiola Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22714664 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliLocustellidae
GenusHelopsaltes
SpesiesLocustella certhiola dan Helopsaltes certhiola Edit nilai pada Wikidata
(Pallas, 1811)
Tipe taksonomiHelopsaltes Edit nilai pada Wikidata
Tata nama
Sinonim taksonHelopsaltes certhiola (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata
ProtonimMotacilla certhiola Edit nilai pada Wikidata
Distribusi
EndemikSantragachi Jheel (en) Terjemahkan, Sunderbans Wildlife National Park (en) Terjemahkan, Gajoldoba (en) Terjemahkan, Boshipota (en) Terjemahkan, Central Park (en) Terjemahkan, Loktak Lake (en) Terjemahkan, Taman Nasional Kaziranga, Maguri Motapung Beel (en) Terjemahkan, Amchang Wildlife Sanctuary (en) Terjemahkan dan Dipor Bil (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata
Locustella certhiola - MHNT

Kecici pallas, kecici belalang ( Helopsaltes certhiola ), juga dikenal sebagai kecici tunggir-karat, adalah burung pengicau Dunia Lama dalam genus kecici Helopsaltes . Ia berkembang biak di Palearktik timur: dari Pegunungan Altai, Mongolia dan Transbaikalia hingga Tiongkok timur laut, Semenanjung Korea, dan pulau-pulau di Laut Okhotsk (Kepulauan Sakhalin dan Kuril). Ia bermigrasi, musim dingin dari India ke arah timur ke Indonesia . Ini adalah migran langka di Sri Lanka .

Burung pengicau kecil ini ditemukan di rerumputan tinggi dengan vegetasi yang lebih lebat, biasanya dekat air di rawa atau padang rumput basah . Dari 4 hingga 7 butir telur diletakkan di sarang di tanah di rumput. Spesies ini merupakan gelandangan yang sangat langka di Eropa Barat. Salah satu tempat terbaik untuk melihat spesies mengintai ini sebagai gelandangan adalah Fair Isle, Shetland ; untuk spesies yang jarang muncul di Eropa Barat, spesies ini dapat ditemukan di sana secara teratur.

Keterangan

[sunting | sunting sumber]
Di Kolkata, Benggala Barat, India .

Ini adalah burung pengicau berukuran sedang. Burung dewasa memiliki punggung berwarna coklat bergaris, bagian bawah berwarna abu-abu keputihan, tidak bergaris kecuali pada bagian bawah. Jenis kelaminnya identik, seperti kebanyakan burung pengicau, tetapi burung muda bagian bawahnya lebih kuning. Seperti kebanyakan burung pengicau, ia adalah pemakan serangga. Ia sangat mirip dengan kecici eropa tetapi ukurannya sedikit lebih besar, memiliki ujung berwarna putih pada ekor dan bulu tersier, serta pantat berwarna coklat yang lebih hangat.

Ini adalah spesies yang mengintai yang sangat sulit dilihat kecuali terkadang saat bernyanyi. Ia merambat melalui rerumputan dan dedaunan rendah.

Subspesies

[sunting | sunting sumber]

Lima subspesies dikenali:

  • H.c. rubescens Blyth, 1845
  • H.c. sparsimstriatus Meise, 1934
  • H.c. sertifikat (Pallas, 1811)
  • H.c. centralasiae Sushkin, 1925
  • H.c. kecil David & Oustalet, 1877

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ BirdLife International (2016). "Locustella certhiola": e.T22714664A94423321. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22714664A94423321.en.