Keajaiban Chili

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Keajaiban Cile)
Rata-rata pertumbuhan ekonomi Chili (jingga) dan Amerika Latin (biru (1971-2008).

"Keajaiban Chili" (Inggris: Miracle of Chile) adalah istilah yang digunakan oleh pemenang nobel ekonomi Milton Friedman untuk mendeskripsikan ekonomi Chili pada tahun 1980-an, 1990-an, dan 2000-an. Ia menyatakan, "performa ekonomi Chili sangat bagus, tetapi yang lebih penting, junta militer telah digantikan oleh masyarakat demokratis. Maka hal yang paling penting mengenai Chili adalah pasar bebas telah membawa masyarakat yang bebas." [1] Ekonom lain (seperti Amartya Sen) berargumen bahwa pengalaman Chili pada periode ini menunjukan kegagalan ekonom liberal seperti Friedman, karena indikator sosial Chili tetap buruk.

Pada tahun 1973, inflasi di Chili tercatat ratusan persen, dan PDB terus menurun.[2] Reformasi ekonomi dilancarkan oleh ekonom Chili yang dikenal sebagai "Chicago Boys" karena mereka menuntut ilmu di Universitas Chicago. Tiga reformasi yang dilakukan adalah: liberalisasi ekonomi, privatisasi BUMN, dan stabilisasi inflasi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Commanding Heights: Milton Friedman". PBS. Diakses tanggal December 29, 2008. 
  2. ^ Manfred Bräuchle. "Applied Theory: The Reforms in Chile". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-19. Diakses tanggal 2010-08-15.