Kazimierz I dari Warsawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kazimierz I dari Warsawa (Bahasa Polandia: Kazimierz I warszawski; 1329/31 – 26 November/5 Desember 1355[1]), merupakan seorang pangeran Polandia, anggota keluarga Wangsa Piast, Adipati Czersk selama tahun 1341-1349 rekan-pemimpin saudaranya, sejak tahun 1345 memerintah di Rawa Mazowiecka rekan-pemimpin saudaranya, sejak tahun 1349 pemimpin tunggal Warsawa, sejak tahun 1351 pemimpin tunggal Sochaczew, vasal Polandia sejak tahun 1351.

Ia merupakan putra ketiga dan putra bungsu Trojden I dan Maria, putri Yuri I, Raja Halych-Volhynia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian ayahandanya pada tahun 1341, Kazimierz I memerintah bersama kakandanya, Siemowit III, dan empat tahun kemudian (1345), kedua bersaudara tersebut menjadi ahli waris Rawa Mazowiecka dari pamanda mereka, Siemowit II.

Pembagian resmi warisan ayahandanya berlangsung pada tahun 1349, ketika Kazimierz I menerima distrik kecil Warsawa, untuk yang pertama kalinya distrik ini menjadi wilayah kadipaten di dalam ibu kota Piast.

Pada tahun 1351, Kazimierz I menjadi meningkat warisannya dengan distrik Sochaczew, yang diterimanya setelah kematian sepupunya, Bolesław III.

Pada tanggal 18 September 1351, Kazimierz I dan Siemowit II memutuskan untuk memberi penghormatan kepada Raja Polandia, Kazimierz III dari Polandia. Sebagai imbalan atas penghormatan mereka, adipati-adipati Mazovia itu menerima janji bahwa jika Raja mangkat tanpa keturunan laki-laki, seluruh Bolesław III akan diserahkan kepada mereka. Bahkan mereka segera menerima distrik utama Bolesław III, Płock, namun dengan denda sebesar 2,000.

Kazimierz I meninggal di antara tanggal 26 November dan 5 Desember 1355 dan dimakamkan di Katedral Płock. Karena ia tidak pernah menikah atau memiliki keturunan, distriknya di Warsawa yang berupa sebuah perdikan kosong kembali ke Raja Kazimierz III; Namun ia setuju untuk memindahkan seluruh wilayah ke Siemowit III ditukar dengan kompensasi moneter.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ J. Grabowski: Dynastia Piastów mazowieckich, Kraków 2012, p. 444.