Kawakami Gensai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kawakami Gensai (河上 彦斎?, lahir 25 Desember 1834 – meninggal 13 Januari 1872 pada umur 37 tahun) adalah seorang samurai Jepang dari akhir periode Edo. Terampil sebagai ahli pedang, dia adalah salah satu dari hitokiri (empat pembunuh berantai) dari periode Bakumatsu. Gensai disiplin dengan kecepatan pedang yang tinggi yang memungkinkan dia untuk membunuh target di siang hari.

Kelahiran dan kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Kawakami Gensai lahir di Kumamoto pada tahun 1834, Komori Sadasuke, pelayan assasin daimyo dari Kumamoto Domain. Karena saudara yang lebih tua Gensai Hanzaemon dipilih sebagai keluarga ahli waris, pada usia 11 tahun dia diberikanke Kawakami Genbei (河上彦兵衛), untuk di adobsi pelayan assasin dari Kumamoto lain . Dia kemudian dimasuki domain sekolah, Jishūkan (時習館), dan diikuti its akademik dan seni program studi. Diberikan-nya nanti keterampilan,hal ini agak penasaran untuk dicatat bahwa selama pelatihan bela diri dia rupanya tidak menang banyak pertandingan. Berkaitan dengan ini dia mengatakan telah mengomentari "Kenjutsu (swordsmanship) dengan bambu shinai adalah tidak lebih dari bermain." Pada usia 16 dia dipanggil untuk melayani istanah kota Kumamoto  sebagai pembantu dalam biaya pembersihan (Osōji-bōzu お掃除坊主). Meskipun fakta bahwa ini adalah sebuah posisi terendah, Gensai mendedikasikan dirinya sepenuh hati, menggunakan waktu luang untuk menyempurnakan seni dan keterampilan sastra, serta belajar sadō (upacara teh) dan ikebana (menata bunga). ketika di waktu ini'lah ia bertemu dengan dua orang ,yang kemudian menjadi penting dalam kegiatan isin shihi: Todoroki Buhei dan Miyabe Teizō. berterima kasih untuk diskusi dengan mereka, ia mengambil serius minat dalam konsep kinnō (勤王), atau imperial kesetiaan.

Aktivitas di 1850-an[sunting | sunting sumber]

Pada 1851, ia bergabung dengan bangsawan Kumamoto Hosokawa Narimori dan pergi ke Edo untuk  sankin kōtai rotasi tuan'nya. Itu adalah saat dia melayani bangsawan di Edo ,saat itu Komodor Perry dari USA tiba pada 1853. Sebagai shogun kemudian ikut tuan'nya dalam menandatangani serangkaian perjanjian yang terlihat tidak seimbang dan semakin tidak adil, Gensai meninggalkan Edo dalam kemarahan karena perjanjian itu dan kembali ke Kumamoto, di mana ia memasuki Gendōkan akademi dari kinnō sarjana Hayashi Ōen. Setelah mulai sekolah di filasafat  Ōen kinnō , setelah itu Gensai kembali ke Edo.

Aktivitas di tahun 1860-an[sunting | sunting sumber]

Gensai hadir di Kumamoto tinggal di Edo selama sisa pembersihan. Dampak yang ditimbulkan dari pembunuhan Ii Naosuke's , ketika sekelompok pembunuh melarikan diri tiba-tiba memasuki kediaman,gensai yang  tenang kemudian ikut dengan keributan yang terjadi, memanggil seorang dokter dan setelahnya mejalani upacara minum teh untuk laki-laki. Pada saat upacara itu dia mengatakan kepada orang-orang akan kekaguman'nya bagi mereka.

Pada 1861, Gensai menikah Misawa Teiko, putri pelayan assasi Kumamoto yang lain. terkenal bela diri sendiri, dia sangat terampil dalam menggunakan naginata. Pasangan ini memiliki anak, Gentaro, yang selamat bahkan setelah eksekusi Gensai,ini berkat upaya Teiko.

Pada 1862, ia bergabung dengan Kumamoto, kekuatan yang dibentuk untuk keamanan yang bertugas di Kyoto. Setelah peristiwa politik dari Higo-han, dia meninggalkan kota itu dan pergi ke Choshu-han, di mana ia menjadi pribadi yang menjaga tubuh dari Sanjo Sanetomi. Pada titik ini, dia keluar dari pekerjaannya sebagai bōzu, dan segera setelah itu, meninggalkan semua layanan ke pada Kumamoto  . Pada 1864, ia kehilangan pelatihnya Miyabe Teizō saat Shinsengumi melakukan penyerangan ke Ikedaya. Segera setelah itu, Gensai masuk ke kelompok jyoi,melakukan pembunuhan yang paling terkenal dan ia ditegaskan pembunuhan atas Sakuma Shōzan. Sakuma memiliki pemikiran bahwa untuk maju Jepang harus membuka diri dengan pengaruh asing, khususnya barat. Hal ini lah yang menjadikan dirinya sebagai sasaran empuk bagi gerakan-gerakan radikal yang menginginkan Jepang tetap murni dan bersih dari kontaminasi pengaruh asing. Dia membunuh Shōzan dalam satu tebasan, di siang bolong. Sementara banyak pembunuhan yang lain yang pernah ada telah dihubungkan dengan dia,namun satu-satunya pembunuhan Shōzan bisa dibuktikan.

Setelah'nya, ia mengundurkan diri dari Chōshū dan mengambil bagian dalam tindakan  Takasugi Shinsaku   (militer Kiheitai) terhadap para shogunate di Ekpredisi Choshu . Selama kedua operasi militer Chōshū  oleh rezim Tokugawa, dia berpartisipasi untuk Choshu dan akhirnya memenangkan pertempuran. Namun, selama aksi di Kokura, dia tegas menyerahkan diri ke pasukan Kumamoto  dan dipenjarakan sampai  Restorasi Meiji.

Pemulihan dan  kematian Gensai[sunting | sunting sumber]

Akibat dari Restorasi Meiji, Gensai dibebaskan dari penjara. Dia mengubah namanya menjadi Kouda Genbei,[1] hidup dengan Misawa Teiko istrinya dan anaknya gentaro, menjabat sebagai pejabat militer dan pelatih pedang di Dojo untuk Kumamoto domain. Namun ternyata era baru dari pemerintahan meiji setuju dengan konsep dan pandangan dari Shōzan, bahwa untuk maju jepang harus membuka diri dari pengaruh asing dan mempelajari teknologi-teknologi asing, namun tetap berjiwa jepang.Hal inilah yang membuat kawagami genzai menentang habis-habisan pemerintahan meiji, dia tidak mau melihat hasil perjuangan dari teman2nya dari kelompok jyoi yang telah meninggal jadi sia-sia. Kawagumi pun menjadi sosok penganggu yang menjadi momok bagi pemerintahan meiji, dan pada tahun ke 4 meiji atau tepatnya 1871 dia ditangkap dan bukan hanya itu, karena terbukti memberikan perlindungan kepada beberapa  Kiheitai yang berkeliaran, mengikuti kawan lamanya Oraku Gentarō, dia  dieksekusi pada tahun 1872.

Gensai dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Karakter Kenshin Himura dari manga Rurouni Kenshin didasarkan pada Kawakami Gensai.[2]

Karakter Kawakami Bansai dari manga Gin Tama mengambil namanya dari Kawakami Gensai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ja:河上彦斎
  2. ^ Watsuki, Nobuhiro (2003). "The Secret Life of Characters (1) Himura Kenshin". Rurouni Kenshin, Volume 1. Viz Media. hlm. 56. ISBN 1-59116-220-3.