Lompat ke isi

Kategori:Panduan fonetik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sistem penulisan dalam beberapa bahasa tidak menyediakan informasi yang mumpuni untuk menjelaskan bagaimana cara melafalkan suatu kata dalam bahasa lain dalam rumpun yang berbeda. Untuk memberikan keterangan/kejelasan dalam mengucapkan suatu kata pada audiens yang dituju, maka dari itu panduan ini dapat digunakan untuk audiens yang mungkin tidak menguasai bacaan tanpa panduan tersebut; saat pelafalan dianggap penting seperti: teks keagamaan, beberapa puisi, kamus tanpa disambiguasi. Panduan ini dapat digunakan saat kata-kata tertentu dianggap sulit saat pelafalannya tidak linier atau bahkan berlawanan dengan intuisi.

Beberapa bahasa utama dengan sistem penulisan yang sulit dan panduan fonetik yang paling umum digunakan ( Alfabet Fonetik Internasional tentu saja dapat digunakan untuk bahasa apa pun):

  • Arab - Harak تكات), juga dikenal sebagai Tashkīl (تشكيل) - tanda vokal.
  • Bahasa Mandarin - Pinyin (汉语拼音) ( Tiongkok daratan ), Zhuyin Fuhao (注音符号) ( Taiwan ) (juga disebut Bopomofo ㄅㄆㄇㄈ). Bahasa Kanton mungkin menggunakan sejumlah romanisasi untuk tujuan yang sama tetapi ini tidak dibakukan.
  • Bahasa Inggris - menggunakan sejumlah sistem ejaan ulang atau transkripsi.
  • Ibrani - Niqqud , juga dikenal sebagai Nekudot (נִקּוּד) - tanda vokal.
  • Jepang - Furigana (振り仮名) (biasanya ditulis sebagai Hiragana kecil (平仮名,) di atas atau di samping teks utama)

Halaman-halaman dalam kategori "Panduan fonetik"

Kategori ini memiliki 1 halaman, dari 1.