Katedral Weno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Weno
Katedral Hati Kudus Maria
bahasa Inggris: Immaculate Heart of Mary Cathedral
Katedral Weno di Federated States of Micronesia
Katedral Weno
LokasiWeno, Chuuk
Negara Mikronesia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiHati Maria Tak Bernoda
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Kepulauan Caroline
Klerus
UskupMgr. Amando Samo

Katedral Weno yang bernama resmi Katedral Hati Kudus Maria (bahasa Inggris: Immaculate Heart of Mary Cathedral)[1] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Weno,[2] di Kepulauan Caroline, dan merupakan takhta bagi Uskup Kepulauan Caroline, Federasi Mikronesia. Gereja tersebut terletak di desa Tannuk, di kotamadya Weno, ibu kota negara bagian Chuuk, salah satu bagian dari Negara Federasi Mikronesia.[3]

Gereja pertama yang dibangun di Tannuk dibangun pada tahun 1915 dan dibangun oleh misionaris Yesuit Jerman. Pada tahun 1946, sebuah gereja kayu baru dibangun di sebelah markas misi Chuuk. Pada tahun yang sama misi biarawati Mercedarias didirikan di sebuah sekolah yang didedikasikan untuk Santa Cecilia.

Belakangan, markas misi Jesuit dibangun kembali untuk diperluas dan ditambahkan sayap ke gereja Tannuk. Gereja misi yang baru dan diperluas dengan sungguh-sungguh didedikasikan untuk Hati Maria Tak Bernoda pada bulan Agustus 1951.

Pada akhir tahun enam puluhan, katedral baru diresmikan. Pada tahun 1973, Uskup Joseph Martin Neylon Tannuk memindahkan kediaman uskupnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Immaculate Heart of Mary Cathedral". GCatholic.org. Diakses tanggal 2013-01-15. 
  2. ^ "Immaculate Heart of Mary Cathedral". Mapcarta. Diakses tanggal 2016-05-04. 
  3. ^ Gereja Katolik di Mikronesia: esai sejarah tentang Gereja Katolik di Kepulauan Caroline dan Marshall. Seminar Mikronesia, c2003 . 2003-01-01.