Katedral Viseu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Viseu
Katedral Santa Maria
Portugis: Sé de Viseu
Katedral Viseu
LokasiViseu
NegaraPortugal
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Viseu

Katedral Viseu yang bernama lengkap Katedral Santa Matia (Portugis: Sé de Viseu) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Viseu, Portugal. Gereja ini mulai dibangun pada abad ke-12 dan merupakan monumen bersejarah terpenting di kota ini. Saat ini merupakan campuran gaya arsitektur, khususnya dari periode Manueline, Renaisans dan Mannerist. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Viseu.

Katedral ini terletak di alun-alun yang besar dan harmonis, di samping Istana Uskup lama (sekarang Museum Grão Vasco) dan di depan Gereja Misericórdia di Viseu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Survei arkeologi menunjukkan bahwa situs Katedral Viseu ditempati oleh sebuah basilika Katolik kuno yang dibangun pada masa Dominasi Sueve (abad ke-5-6). Kehidupan Katolik di kota ini terganggu pada abad ke-8 dengan kedatangan Penjajah Muslim Moor, yang mendominasi Viseu sampai Ferdinand I dari León menaklukkan kembali pada tahun 1058. Takhta keuskupan didirikan kembali pada pertengahan abad ke-12, ketika bangunan katedral saat ini mulai didirikan, namun hanya sedikit yang tersisa dari bangunan awal Romawi ini kecuali beberapa detail arsitektur. Gereja ini diperluas secara besar-besaran pada abad-abad berikutnya pada Abad Pertengahan, dengan asumsi konfigurasinya yang sekarang adalah bangunan tiga lorong dengan tiga kapel Timur. Beberapa kapel Gotik di biara juga berasal dari periode ini.

Kubah batu bagian dalam dengan rusuk berbentuk tali dan simpul yang dipilin.

Dari sudut pandang artistik, kampanye pembangunan terpenting terjadi pada abad ke-16. Uskup Diogo Ortiz de Vilhena menugaskan arsitek João de Castilho dengan pembangunan atap batu gereja dan fasad baru, yang selesai sekitar tahun 1513. Tanggal dari kali ini rib vaulting lorong dengan hiasan rusuk berbentuk tali dan simpul yang dipilin, sebuah mahakarya dari Gaya Manuel. Sekitar tahun 1539, uskup Miguel da Silva mempercayakan pembangunan biara baru kepada arsitek Italia Francisco da Cremona, yang merancang struktur Renaisans yang bagus.

Juga pada paruh pertama abad ke-16, katedral ini diperkaya dengan beberapa rangkaian lukisan meja altar yang ditugaskan kepada seniman terkemuka pada masa itu, yang paling terkenal adalah Vasco Fernandes. Altar ini kemudian dibongkar tetapi sekarang dapat dilihat di Museum Grão Vasco, yang terletak di samping katedral.

Kapel utama Gotik yang lama diganti dengan yang baru pada awal abad ke-17. Pada tahun 1635, sebuah menara dan portal gaya Manueline hancur saat badai, dan yang baru dipercayakan kepada arsitek Salamanca João Moreno. Fasad saat ini, dalam bentuk meja altar Mannerist, berasal dari masa ini. Pada periode Baroque, katedral diperkaya dengan organ musik, mimbar, altar dan ubin (azulejos).

Seni & arsitektur[sunting | sunting sumber]

Katedral Viseu adalah gereja berbentuk Salib Latin dengan tiga lorong panti umat, transept dan tiga kapel Timur. Fasad utama diapit oleh dua menara. Dinding luar dan samping gereja mempunyai tampilan yang berat dan mengancam, khas katedral abad pertengahan Portugis, sebagian dihiasi dengan merlon.

Interior dilihat ke arah kapel utama.

Menara (jam) Selatan masih berasal dari abad pertengahan, sedangkan menara Utara harus dibangun kembali pada abad ke-17 setelah terjadi badai. Badai juga menghancurkan fasad Manueline, yang dibangun kembali sekitar tahun 1635. Fasad tiga lantai ini menyerupai altar Mannerist dan dihiasi dengan relung yang menyimpan patung Empat Penginjil, serta Maria Suci dan Santo Theotonius.

Di bagian dalam, semua lorong memiliki ketinggian yang kira-kira sama, menyerupai aula gereja. Batu rib vault ditopang oleh pilar-pilar besar dan dibangun antara tahun 1505 dan 1513, menjadi contoh arsitektur Manueline yang luar biasa. Beberapa rusuk atap (liernes) berbentuk seperti tali dan simpul yang dipilin, motif hias khas Manueline.

Kapel utama dibangun kembali dengan gaya Mannerist dan menampilkan altarpiece Barok-Rococo dari kayu emas yang dirancang oleh pematung terkenal Santos Pacheco, yang juga bertanggung jawab atas altar utama Katedral Porto. Altarnya berisi patung Santa Maria dari abad ke-14 dan diukir antara tahun 1729 dan 1733 oleh Francisco Machado. Kios paduan suara dibangun oleh Gaspar Ferreira setelah tahun 1733.

Di sisi selatan katedral terdapat biara dua lantai yang awalnya dibangun pada Abad Pertengahan tetapi banyak dimodifikasi pada abad 16-17. Lantai dasar adalah karya khas Renaisans Italia, dibangun sekitar tahun 1539 oleh Francisco Cremona. Lantai atas adalah galeri Mannerist abad ke-17. Biara memiliki beberapa kapel Gotik.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Portuguese Institute for Architectural Heritage [1]
  • General Bureau for National Buildings and Monuments (Portugal) [2]
  • History of Viseu in the Municipality website [3]

Koordinat: 40°39′35.75″N 7°54′39.47″W / 40.6599306°N 7.9109639°W / 40.6599306; -7.9109639