Katedral Vic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Vic
Katedral Basilika Santo Petrus
bahasa Katalan: Catedral de Vic
Katedral Vic
LokasiVic, Catalonia
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Tanggal konsekrasi1038 dan 15 September 1803
Arsitektur
StatusKatedral, basilika minor
ArsitekJosep Moretó i Codina
Tipe arsitekturgereja
GayaRomanesque, Gotik, Neoklasik
Peletakan batu pertama24 September 1781
Selesai1803
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Vic
Klerus
Uskup AgungBishop Romà Casanova Casanova
No. referensiRI-51-0000432
Spain
RegionEurope and North America

Katedral Vic (bahasa Katalan: Catedral de Vic), secara resmi adalah Katedral Santo Petrus Rasul (bahasa Katalan: Catedral de Sant Pere Apòstol), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Vic, Catalonia, Spanyol. Katedral ini adalah kedudukan Keuskupan Vic.[1]

Katedral ini memiliki campuran gaya Romawi, Gotik, Barok, dan Neoklasik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal[sunting | sunting sumber]

Menara lonceng bergaya Romawi di Katedral Vic. Pertama, patung Abat Oliba.

Tidak ada yang tahu pasti di mana basilika paleokristen primitif dan kemudian basilika visigoth pernah berdiri, tetapi sebuah katedral di Vic tampaknya didokumentasikan setidaknya pada tahun 516. Kemungkinan besar hancur selama invasi Arab pada tahun 717-718. Gereja rammed earth sementara dibangun pada tahun 886 ketika Adipati Wilfred mengisi kembali daerah tersebut dan memulihkan keuskupan.

Pada abad ke-10, dengan semakin kokohnya perbatasan Katolik, katedral ini dibangun kembali, kali ini dari batu, dan menampilkan tiga bagian tengah dan dua gereja kembar yang menyertainya, yang didedikasikan untuk Saint Mary dan Saint Michael.

Katedral Oliba[sunting | sunting sumber]

Ruang bawah tanah katedral.

Hanya satu abad kemudian katedral ini dibangun kembali oleh uskup Abat Oliba dengan gaya Romawi yang monumental. Gereja itu ditahbiskan pada tahun 1038 oleh Uskup Agung Wilfred dari Narbonne. Menara lonceng setinggi 46 meter ini terpisah dari bangunan induk. Sejak periode ini, hanya menara lonceng dan ruang bawah tanah yang tersisa hingga saat ini. Ruang bawah tanah ini terkenal karena menampilkan ibu kota bergaya pra-Romawi yang mungkin bersumber dari gereja abad ke-10. Selain itu, di Museum Episkopal Vic, terdapat beberapa relief dengan gambar dari portal Romawi dan ibu kota dari biara, dengan kualitas pahatan yang bagus.

Dua ratus tahun kemudian, Ramon d'Anglesola menulis surat pastoral yang mendesak umat beriman untuk berkontribusi dalam perbaikan gedung tersebut. Katedral ini tidak mengalami rekonstruksi gaya Gotik seperti kebanyakan katedral Eropa lainnya, tetapi katedral ini memiliki biara bagian atas, dimulai pada tahun 1318, dan altar pualam utama, diselesaikan oleh Pere Oller pada tahun 1428. Kedua karya tersebut masih dapat disaksikan hingga saat ini di bangunan. Pada tahun 1401 Uskup Diego de Heredia menambahkan transept, dan pada tahun 1585 pintu Saint John dibuka di sisi utaranya.

Santa Maria la Rodona[sunting | sunting sumber]

Dibangun sebagai gereja saudara dari katedral, gereja bundar yang tidak biasa ini merupakan fitur yang menonjol selama berabad-abad. Misalnya saja, para uskup merayakan Misa Natal pertama di Santa Maria dan Misa Natal ketiga di Basilika Santo Petrus. Gereja, seperti katedral, mengalami banyak rekonstruksi, tetapi rekonstruksi terakhir dilakukan oleh kanon Guillem Bonfil pada tahun 1140, dan ditahbiskan empat puluh tahun kemudian oleh uskup Pere de Redorta. Itu dihancurkan pada tahun 1787 untuk memberi ruang bagi katedral baru. Letaknya di Alun-Alun Katedral saat ini, di depan fasad: di trotoar orang dapat melihat tanda-tanda lokasinya, yang akhirnya didirikan sebagai hasil penggalian baru-baru ini yang membiarkan fondasinya terbuka.

Katedral saat ini[sunting | sunting sumber]

Peletakan batu pertama gereja baru dilakukan pada tanggal 24 September 1781, dan ditahbiskan pada tanggal 15 September 1803. Proyek ini merupakan karya arsitek kelahiran Vic Josep Moretó i Codina, dalam gaya akademis neoklasik.

Pada tahun 1891, Museum Episkopal Vic dibuka di lantai atas biara katedral.

Setelah abad ke-19 yang penuh gejolak yang membuat katedral menjadi sangat miskin, pada abad ke-20, Josep Maria Sert ditugaskan untuk mendekorasi dinding dan langit-langit interior yang kosong. Sert menyelesaikan lukisan di semua dinding pada tahun 1930 dan, pada tahun 1931, katedral tersebut dinyatakan sebagai Monumen Artistik Bersejarah. Tak lama kemudian, pada awal Perang Saudara Spanyol pada tahun 1936, katedral dibakar oleh massa revolusioner dan sebagian besar kubahnya runtuh. Tepat setelah perang, pekerjaan perbaikan katedral dimulai, ruang bawah tanah ditemukan kembali, dan sebuah rawat jalan dibangun. Josep Maria Sert mengecat ulang dindingnya. Gereja dibuka kembali pada tahun 1945.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral Vic (katedral, Vic, Spanyol)".