Katedral Santa Clara de Asís

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Santa Clara de Asís
Katedral Santa Klara
Katedral Santa Clara de Asís
22°24′23″N 79°58′04″W / 22.40635°N 79.96780°W / 22.40635; -79.96780Koordinat: 22°24′23″N 79°58′04″W / 22.40635°N 79.96780°W / 22.40635; -79.96780
LokasiSanta Clara
NegaraKuba
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webSitus web resmi
Sejarah
Didirikan1692 (Bangunan pengganti tahun 1738 dibongkar pada tahun 1923. Bangunan yang sekarang dibangun pada tahun 1940-an.)
PendiriPadre Conyedo (1738)
DedikasiSanta Klara dari Assisi
Tanggal konsekrasi1954
RelikuiCekungan air bersejarah, disebut Pilón, digunakan untuk membaptis penduduk kota / Patung marmer Perawan Maria yang hilang dan ditemukan
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekJosé A. Mendigutia
Tipe arsitekturGereja
GayaNeo-Gotik
Peletakan batu pertama30 Juni 1940
Selesai1954
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Santa Clara

Catedral de Santa Clara de Asís (Katedral Santa Klara dari Assisi) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di kota dari Santa Clara, Kuba. Katedral ini terletak di Calle Marta Abreu, salah satu arteri utama kota, hanya dua blok dari Parque Vidal dan di sebelah pusat kebudayaan "El Mejunje".

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Katedral ini adalah bangunan keagamaan terpenting di kota. Gereja yang banyak diperdebatkan ini dibangun pada tahun 1940 setelah pendahulu kolonialnya di Parque Vidal dibongkar pada tahun 1923. Bergaya Neo-Gotik, katedral baru ini memiliki koleksi jendela kaca patri yang indah, "pilón" marmer, atau baskom air suci yang digunakan untuk pembaptisan di sebagian besar sejarah kota (mereka yang dibaptis disebut "pilongos"), dan patung Yesus di bagian depan atas memegang monstran emas. Namun karya seni yang paling mengesankan adalah patung Perawan Maria yang berukuran lebih besar dari aslinya di dalam bangunan tersebut, yang secara lokal dikenal sebagai "la Virgen del camino" (Perawan Pelancong). Hingga Revolusi Kuba, patung ini terletak di jalan menuju Havana sebagai cara untuk memberkati para pelancong. Ia segera dirobohkan dan menghilang selama lebih dari tiga dekade. Akhirnya ditemukan kembali sekitar tahun 1995 di dalam selokan yang tertutup tanah dan semak belukar. Sudah dilupakan oleh warga Santa Clara, pertarungan politik pun terjadi untuk memutuskan apakah akan memberikannya ke museum atau gereja. Akhirnya diberikan kepada otoritas agama.

Pembangunan katedral ini mengalami beberapa kontroversi publik. Ini adalah isu pemilu yang memanas bagi walikota yang berkuasa di masa kolonial. Sebagian besar dari mereka dan sejumlah warga pada tahun 1920-an terpecah antara kemungkinan mempertahankan "Iglesia Mayor" kolonial (Gereja Agung, 1738) yang berlokasi di Parque Vidal, atau merobohkannya untuk memberi ruang bagi alun-alun yang dirancang ulang dan lebih besar serta penempatan kembali katedral di lokasi terdekat. Beberapa orang bersikeras untuk mempertahankan bangunan bersejarah tersebut, karena ini adalah salah satu yang tertua di kota yang sedang berkembang, karena menyadari pentingnya bangunan tersebut sebagai warisan. Akhirnya bangunan tersebut dihancurkan dan dua dekade kemudian bangunan baru dibangun. Tidak senang dengan tindakan ini, otoritas Gereja mengajukan keluhan resmi terhadap pemerintah kota dan menang, meskipun gereja tidak pernah menerima kompensasi yang diberikan.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "Catedral" (official website). Diócesis de Santa Clara, 2013.
  • Cristobal Garcia, Angel - El teatro La Caridad. Colección Escambray, PUBLICIGRAF, 1993.
  • Cristobal Garcia, Angel - El parque Vidal. Colección Escambray, PUBLICIGRAF, 1993.