Katedral Pondicherry

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Pondicherry
Katedral Perawan Maria Tak Bernoda
Tamil: தூய அமலோற்பவ அன்னை பேராலயம்
Katedral Pondicherry
Immaculate Conception Cathedral, Pondicherry
Immaculate Conception Cathedral, Pondicherry
Katedral Pondicherry
Immaculate Conception Cathedral, Pondicherry
Koordinat: 11°55′59″N 79°49′50″E / 11.93299°N 79.83055°E / 11.93299; 79.83055
LokasiPondicherry, Puducherry
NegaraIndia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Nama sebelumnyaGereja Santo Paulus
Otorisasi bulla kepausan1692
PendiriYesuit
DedikasiMaria Dikandung Tanpa Noda
Tanggal konsekrasi1791
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturgereja
GayaHerrerian
Peletakan batu pertama1699
Selesai1791
DiruntuhkanTiga kali dalam beberapa tahun:
  • 1693 oleh Belanda
  • Sekitar tahun 1730
  • 1761 oleh Inggris
But church was re-built at the same site every time.
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Pondicherry dan Cuddalore
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Msgr. Francis Kalist
Jumlah ImamRev. Fr. Alphonse Sandanam
Imam rekanRev. Fr. Arulpushparaja

Katedral Pondicherry yang bernama resmi Katedral Dikandung Tanpa Noda (Prancis: Cathédrale de l'Immaculée-Conception de Pondichéry, Tamil: தூய அமலோற்பவ அன்னை பேராலயம்) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di wilayah Persatuan Puducherry, India. Gereja ini juga dikenal sebagai Samba Kovil[1] (Tamil: சம்பா கோயில்), yang merupakan perubahan fonetik dari "Saint Paul's Kovil" yang mana "Kovil" berarti gereja.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Para Pastor Yesuit datang ke koloni Prancis Pondicherry sebagai misionaris pada tahun 1689. Di sana mereka membeli sebuah taman yang sangat luas di sebelah barat Benteng Prancis. Pada tahun 1692 mereka, dengan bantuan keuangan Louis XIV, raja Perancis, mendirikan sebuah gereja yang dibongkar oleh Belanda pada tahun berikutnya. Gereja kedua dengan cepat dibangun pada tahun 1699 tetapi tidak dapat bertahan lama.

Dari tahun 1728 hingga 1736 sebuah gereja besar dibangun di lokasi Katedral yang sekarang. Gereja ketiga ini diratakan dengan tanah oleh Inggris pada tahun 1761 selama Perang Tujuh Tahun.

Mendirikan pada tahun 1765 untuk sementara (seri keempat) sebuah gudang fungsional yang bentuknya tidak beraturan di mana Mission Press (depot pers resmi keuskupan agung) sekarang berada sejak tahun 1770 para Bapa bersungguh-sungguh dalam membangun katedral yang sekarang di atas fondasi Gereja ke-3 . Pada tanggal 20 Juni 1791, pekerjaan utama selesai dan Gereja ditahbiskan oleh Uskup Champenois. Menara Lonceng dibangun kemudian. Loteng paduan suara ditambahkan pada tahun 1905. Tempat Suci direnovasi pada tahun 1970. Lapangan terbuka di depan Katedral direnovasi pada tahun 1987, untuk memungkinkan orang mengambil bagian dalam upacara liturgi dan acara khusus yang diadakan di luar.

Perayaan Gereja ini yaitu, Perawan Maria yang Terberkati Dikandung Tanpa Noda jatuh pada tanggal 8 Desember. Kini gereja yang berdiri sekitar 300 tahun ini juga menjadi tempat di mana rumah uskup juga berada. Misa diadakan dalam bahasa Tamil dan Inggris dilaksanakan.

Ini adalah salah satu lokasi wisata tertua di Puducherry., dan dikunjungi oleh Bunda Teresa selama kunjungannya ke Puducherry.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Bangunan gereja[sunting | sunting sumber]

Patung dan Altar Gereja[sunting | sunting sumber]

Pekuburan[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]