Katedral Ordinariat Personal Takhta Santo Petrus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bunda dari Walsingham
Cathedral of Our Lady of Walsingham
LokasiHouston, Texas
NegaraAmerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
KegerejaanPenggunaan Anglikan
Sejarah
Nama sebelumnyaGereja Katolik Bunda dari Walsingham
PendiriJames Moore dan James Ramsey
DedikasiBunda dari Walsingham
Arsitektur
StatusAktif
GayaNeo-Gotik
Selesai2003
Klerus
UskupSteven J. Lopes
RektorCharles Hough, IV

Katedral Bunda dari Walsingham atau dalam bahasa Inggris bernama Cathedral of Our Lady of Walsingham di Houston, Texas, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berfungsi sebagai pusat kedudukan dan takhta dari Ordinariat Personal Takhta Santo Petrus.

Paroki ini awalnya didirikan pada tahun 1984, oleh pastor yang sebelumnya melayani di Gereja Episkopal, sebagai paroki di bawah Keuskupan Agung Galveston–Houston. Paroki ini kemudian beroperasi di berbagai lokasi sebelum pindah pada tahun 1992 ke lokasinya saat ini, di mana gereja saat ini selesai dibangun pada tahun 2003. Setelah pendirian Ordinariat Pribadi Takhta Santo Petrus, gereja dipindahkan dari keuskupan ke – dan menjadi kepala sekolah paroki – ordinariat; sekarang berfungsi sebagai katedral ordinariat.

Gereja menampilkan gaya arsitektur khas yang mengingatkan pada gereja bergaya Neo Gotik dari warisan Anglikan dan merupakan paroki pertama di Amerika Serikat yang didedikasikan untuk Bunda dari Walsingham. Urutan Misa dirayakan menurut buku Divine Worship: The Missal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Chancery (kiri) dan tempat peziarahan Bunda dari Walsingham

Pada tahun 1980 Paus Yohanes Paulus II menetapkan Ketentuan Pastoral yang mengizinkan umat Anglikan untuk masuk ke dalam persekutuan dengan Gereja Katolik sambil mempertahankan unsur-unsur warisan Anglikan mereka.[1][2] Pada tahun 1982, James Moore dan James Ramsey mengundurkan diri dari posisi mereka di Keuskupan Episkopal Texas untuk menempuh jalan menuju Gereja Katolik.

Selama periode ini, Moore dan Ramsey mengadakan pertemuan komunitas kecil mingguan dengan gelar Bunda dari Walsingham. Uskup John Louis Morkovsky mengizinkan komunitas, meskipun belum secara resmi menjadi bagian dari Gereja Katolik, untuk beribadah di gereja lokal tempat mereka bertemu setiap minggu untuk beribadah. Pada tanggal 7 April 1984, Moore dan Ramsey ditahbiskan sebagai imam di Gereja Katolik Roma dan diangkat sebagai pendeta pembantu Gereja Katolik Our Lady of Walsingham.[3]

Gereja berpindah beberapa kali selama tahun-tahun berikutnya hingga tahun 1992 di mana ia pindah ke sebuah gereja kecil yang baru dibangun di lokasi saat ini.[4]

Pada tahun 1999, sumbangan sebesar $1m memungkinkan paroki untuk mulai merencanakan pembangunan gereja yang lebih besar.[4] Bangunan baru ini dirancang oleh arsitek Cram & Ferguson, dan ditahbiskan pada tahun 2003,[5] dengan bekas gedung gereja yang bersebelahan menjadi aula gereja dengan nama St. Jude Hall.[4]

Situs gereja diperluas lebih lanjut dengan kantor, gedung kelas, dan tempat suci luar ruangan, yang semuanya ditahbiskan pada Mei 2011.[4]

interior Katedral

Pada tanggal 1 Januari 2012, dengan berdirinya Ordinariat Personal Takhta Santo Petrus, Bunda dari Walsingham menjadi gereja utama ordinariat. Pada tahun 2014, sebuah kanselir didirikan di halaman gereja untuk mengelola kegiatan ordinariat. Pada tanggal 2 Februari 2016, Steven J. Lopes ditahbiskan sebagai uskup pertama dari ordinariat, menggantikan Jeffrey N. Steenson sebagai ordinaris. Dengan penahbisan Uskup Lopes, Bunda dari Walsingham diangkat statsunya menjadi katedral.

Pada tahun 2019, Rumah Formasi Paus Benediktus XVI didirikan untuk para seminaris dalam formasi imamat di Ordinariat Pribadi Takhta Santo Petrus, yang saat ini terletak di seberang jalan kanselir.

Pada tahun 2022, Cathedral High School menyambut kelas pertamanya.[6][7]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Salah satu gargil di menara gereja

Gereja ini menampilkan desain warisan Anglikan yang khas dengan batu kapur yang menutupi bagian luarnya, terinspirasi oleh gaya abad ke-14 dari daerah Walsingham di Norfolk, Inggris. Bagian dalam gereja adalah Neo-Gothic dengan jendela kaca patri, dan perabotan kayu yang diukir di Kolombia. Lonceng gereja dibuat di Normandia, Prancis, dan reredos serta tabernakel dibuat dengan tangan di Spanyol.

Arsitekturnya mengekspresikan elemen yang ditemukan di bangunan bergaya Gotik dari abad ke-12 hingga ke-16.[8] Ini termasuk lengkungan runcing dan atap miring di area eksterior dan tempat suci gereja.

Tempat Ziarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini berada di bawah naungan Bunda dari Walsingham dan menyimpan salah satu fragmen yang tersisa dari jendela timur yang merupakan bagian dari biara asli di Walsingham, Inggris, yang berasal dari abad ke-12.[9]

Klerus[sunting | sunting sumber]

Sebelum penerapan Anglicanorum Coetibus pada tahun 2010, paroki ini dikelola terutama oleh mantan pendeta Episkopal (kemudian menjadi imam Katolik yang diinkardinasi ke dalam keuskupan Katolik lokal, salah satunya sudah menikah tetapi sisanya belum. Setelah 2010, seorang rektor paroki baru (Charles Hough IV) diangkat. Beberapa pastor pendamping membantunya dalam tugasnya, dan pendeta katedral saat ini semuanya menikah dan memiliki anak sendiri.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stetson, William H., "History of the Pastoral Provision", Office of the Ecclesiastical Delegate for the Pastoral Provision website 
  2. ^ Jack D. Barker, "A History of the Pastoral Provision for Roman Catholics in the USA", Bab 1 dari Cavanaugh, Stephen E. (January 2011), Anglicans and the Roman Catholic Church, Ignatius Press 2011, ISBN 9781586174996 
  3. ^ Situs web paroki. “Sejarah Paroki”. http://walsingham-church.org/history-of-the-parish-1 Diarsipkan 2015-02-21 di Wayback Machine.. Diakses 28 Februari 2015.
  4. ^ a b c d "Sejarah Paroki". Katedral Our Lady of Walsingham. 
  5. ^ Tamara, Michael (27 Agustus 2015). "Arah Baru dalam Desain Gereja". Crisis Magazine. 
  6. ^ "Cathedral High School". Our Lady of Walsingham Catholic Church (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-20. 
  7. ^ "About Cathedral High School". cathedral-hs.org. 
  8. ^ Museum Victoria dan Albert Museum seni dan desain terbesar di dunia. "Panduan Gaya: Kebangkitan Gotik". http://www.vam.ac.uk/content/articles/s/style-guide-gothic-revival/.
  9. ^ "Sejarah Singkat Kuil Bunda Maria dari Walsingham", Keuskupan Agung Southwark http://www.rcsouthwark.co.uk/walsingham_history.html Diarsipkan 2017-04-04 di Wayback Machine. Diakses 1 Maret 2015.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 29°47′46″N 95°29′00″W / 29.7960°N 95.4833°W / 29.7960; -95.4833