Katedral Lama Lleida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lama Lleida
bahasa Katalan: La Seu Vella de Lleida
Katedral Lama Lleida
LokasiLleida
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalInaktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Lleida

Katedral Lama Lleida yang bernama resmi Katedral Santa Maria dari la Seu Vella (Bahasa Catalan dan Spanyol: Catedral de Santa Maria de la Seu Vella) adalah sebuah bekas gereja katedral Katolik yang terletak di Lleida, Catalonia, Spanyol, terletak di puncak bukit Lleida.

Pada tahun 1707, katedral Gotik diubah menjadi benteng militer berdasarkan keputusan Raja Felipe V dari Spanyol. Katedral baru, yang dikenal sebagai Seu Nova (Tahta Baru) dan terletak di lereng bukit di Carrer Major, ditahbiskan pada tahun 1781.[1]

Namun demikian, Seu Vella adalah monumen utama Lleida, simbol kota, yang terlihat dari puncak bukitnya di mana pun di kota.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Situs ini sebelumnya ditempati oleh katedral Palaeo-Katolik dan Visigoth, yang kemudian, setelah Penaklukan Islam atas Spanyol, dibangun kembali pada tahun 832 untuk digunakan sebagai masjid. Pada tahun 1149, setelah penaklukan kota tersebut oleh orang Kristen Ramon Berenguer IV dari Barcelona dan Ermengol VI dari Urgell (1149), bangunan tersebut ditahbiskan kembali sebagai "Santa Maria Antiqua", dan dipercayakan kepada kanon reguler .

Namun, pada tahun 1193, Kapitel katedral memerintahkan pembangunan bangunan baru, mengikuti kanon arsitektur Romawi kontemporer, untuk dikuasai Pere de Coma. Peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 1203 oleh Raja Peter II dari Aragon dan Pangeran Ermengol VII dari Urgell. Konstruksi berlanjut sepanjang masa pemerintahan James I dari Aragon. Itu ditahbiskan kepada Perawan Maria pada tanggal 31 Oktober 1278. Biara baru selesai dibangun pada abad ke-14. Menara lonceng ini dimulai pada abad ke-14 dan selesai pada tahun 1431.[2] Portal Porta dels Apòstols dimulai pada tanggal 14 dan selesai pada abad ke-15.[3]

Pada tahun 1707, kota ini ditaklukkan oleh pasukan Philip V: raja memerintahkan penghancuran katedral karena katedral tersebut berperan penting dalam pertahanan kota. Namun demikian, perintah tersebut tidak pernah dilaksanakan, dan katedral diubah menjadi barak. Bangunan ini dinyatakan sebagai monumen nasional pada tahun 1918, dan pekerjaan restorasi dimulai pada tahun 1950.

Pemandangan dari timur La Seu Vella, katedral tua dan uskup bangunan (1286) dan benteng (1707) di Turó de la Seu Vella di Lleida (Foto 2017)

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Katedral ini dirancang dengan gaya peralihan antara Romanesque dan Gotik. Hampir tidak ada pengaruh arsitektur Islam. Denah lantainya berbentuk basilika dalam salib Latin dengan bagian tengah dan dua lorong. Menara ini berbentuk segi delapan dengan ruang tengah lima apse. Interiornya didekorasi dengan lukisan mural dan patung, sebagian besar masih dilestarikan, tetapi sebagian besar telah dirusak selama Perang Suksesi Spanyol.

Menara segi delapan ini berdiameter 1.265 meter (4.150 ft) di bagian dasarnya, tetapi 962 meter (3.156 ft) di bagian atasnya. Ketinggian maksimumnya adalah 6.000 meter (20.000 ft) dan berisi 238 anak tangga. Sebuah lonceng bernama Mònica mengumumkan jam seperempat dan satu lonceng Silvestra mengumumkan jamnya. Loncengnya bergaya Gotik internasional abad ke-15.

Bintang Daud, di biara Katedral Lama Lleida.

Biara ditempatkan secara tidak biasa di depan pintu masuk utama gereja, dan terkenal karena galeri terbukanya yang jarang dengan pemandangan kota dan karena ukurannya yang luar biasa. Faktanya, biara ini telah dianggap sebagai salah satu biara terbesar di Eropa.[4] Biara ini memiliki 17 jendela Gotik berornamen, masing-masing berbeda. Diantaranya, kita dapat melihat jendela Muslim berupa "pohon palem" dan jendela tengah di sayap paling barat, dengan dekorasi rumit yang mencakup Bintang Raja Daud dan salib Kristen.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Baru Lleida Diarsipkan 2011-07-25 di Wayback Machine. (dalam bahasa Spanyol)
  2. ^ Templat:Itation
  3. ^ "La Seu Vella de Lleida, Porta dels Apòstols" [La Seu Vella de Lleida, Pintu Para Rasul]. Calidos.com. 
  4. ^ "Cathédrale de Lerida" [Katedral Lleida].