Katedral Kyiv

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Kyiv
Katedral Kebangkitan Kristus, Kyiv
Ukraina: Патріа́рший собо́р Воскресі́ння Христо́вого УГКЦ
Katedral Kyiv
LokasiKyiv
NegaraUkraina
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Yunani Ukraina)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanEparki Agung Kyiv

Katedral Kyiv atau yang bernama resmi Katedral Kebangkitan Kristus (Ukraina: Патріа́рший собо́р Воскресі́ння Христо́вого УГКЦ) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Kyiv, ibu kota Ukraina. Gereja ini dibuka pada tanggal 27 Maret 2011. Meskipun istilah "patriarkal" yang digunakan secara lokal mencerminkan keinginan Katolik Yunani Ukraina agar uskup agung utama mereka diakui sebagai "patriark", Gereja Katolik tidak secara resmi menganggap sui iuris gereja ini sebagai "patriarkat", sama seperti cabang terbesar Kekristenan Ortodoks di Ukraina tidak menganggap masing-masing uskup di Kyiv sebagai "patriark".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Proyek katedral arsitek Mykola Levchuk memenangkan hadiah pertama pada kompetisi tinjauan Seluruh Ukraina dari Persatuan Arsitek Nasional Ukraina untuk karya arsitektur terbaik dalam tiga tahun terakhir dalam nominasi "Proyek 2000" [1] [27 Oktober 2002, para uskup UGCC. Pembangunan kompleks dimulai pada 9 September 2002. Pada Juni 2003, lantai basement (nol) Katedral Patriarkat dibangun dan pembangunan gedung administrasi dimulai. Pada akhir tahun 2004, tembok-tembok tersebut didirikan, mula-mula setinggi 13,2 m, dan kemudian sampai ke bagian tiang (tingkat kubah pusat gereja) dari katedral.

Pada tanggal 10 Oktober 2004, lima salib katedral ditahbiskan dan didirikan. Seluruh uskup UGCC di empat benua di dunia mengambil bagian dalam konsekrasi tersebut. Salib terbesar di kubah tengah diangkat dan didirikan pada hari itu.

Pada akhir tahun 2005, pemasangan rangka logam kubah tengah gereja dimulai. Struktur logam yang berdiameter 20 m ini diangkut ke lokasi konstruksi dalam beberapa bagian. Diangkat menjadi beberapa bagian (hanya empat) dan kemudian disambung. Pekerjaan itu baru selesai pada awal musim panas 2006. Kebaktian pertama di gereja diadakan pada tanggal 19 Januari 2006, pada hari raya Epiphany. Diadakan di ruang bawah tanah katedral.

Dana untuk pembangunan gereja tidak hanya disediakan oleh umat dari Ukraina, tetapi juga oleh umat Katolik Yunani Ukraina dari Polandia, Jerman, Amerika Serikat, Kanada dan Argentina.

Pada tanggal 5 Juni 2017, pada Hari Roh Kudus di ruang bawah tanah Katedral Patriarkat Kebangkitan Kristus UGCC di Kyiv, jenazah kepala Gereja Katolik Yunani Ukraina tahun 2001–2011 dari Uskup Agung Tertinggi dari Kyiv-Halych (2005–2011) Lubomyr Husar meninggal. Pemakaman berlangsung dengan kerumunan besar, dengan partisipasi para uskup UGCC yang paling terhormat, perwakilan dari denominasi lain, korps diplomatik.

Konsekrasi katedral[sunting | sunting sumber]

Uskup Agung utama Sviatoslav Shevchuk meresmikan katedral pada tanggal 18 Agustus 2013, dalam rangka peringatan 1025 tahun Pembaptisan Ukraina oleh Kepala Gereja Katolik Yunani Ukraina. Lebih dari 20.000 peziarah (menurut sumber lain dari 30 hingga 50.000) dan lebih dari 700 imam datang berziarah pada kesempatan pentahbisan katedral.

Sviatoslav menempatkan relikwi Rasul Suci Petrus dan Paulus serta Andreas yang Dipanggil Pertama, Paus Klemens dan Martin yang binasa di Ukraina, Martir Suci Josaphat Kuntsevich, Para Martir Terberkati abad ke-20 Mykola Charnetsky dan Josaphat Kotsylov di atas takhta. gereja yang baru dibangun.

Bersama anggota Sinode, Nuncio Kepausan Edward Thomas Galikson, Kardinal Ayudris Yuzas Bachkis, Utusan Kepausan, dan para uskup Katolik Roma, Ketua UGCC merayakan Misa Kudus.

Katedral ini terletak di Livoberezhnyi Masyv di tepi kiri Sungai Dnieper (Dnipro), menjadi salah satu dari sedikit gereja besar di Kyiv yang tidak terletak di tepi kanan.

Dewan Patriarkat bersama dengan gedung administrasi membentuk Pusat Patriarkat UGCC berlokasi di st. Mykilsko-Slobidska, 5 (stasiun metro Livoberezhna), dengan luas 1,72 hektar.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 50°27′8.64″N 30°35′13.2″E / 50.4524000°N 30.587000°E / 50.4524000; 30.587000