Katedral Krk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Krk
Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, Krk
Katedral Krk
Katedral Krk di Kroasia
Katedral Krk
Katedral Krk
Lokasi di Kroasia
45°1′39″N 14°34′28″E / 45.02750°N 14.57444°E / 45.02750; 14.57444Koordinat: 45°1′39″N 14°34′28″E / 45.02750°N 14.57444°E / 45.02750; 14.57444
LokasiKrk
NegaraKroasia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Spesifikasi
Panjang40 m
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Krk
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Valter Župan

Katedral Krk atau yang resminya bernama Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga (Kroasia: Katedrala uznesenja blažene Djevice Marije atau Krčka katedrala ) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Krk di utara pulau Adriatik Krk, Kroasia. Katedral ini adalah pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Krk. Gereja ini dibangun pada abad ke-5 atau ke-6 tetapi bukti arkeologi menunjukkan bahwa situs tersebut telah digunakan oleh umat Katolik sejak abad ke-4 M.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini terletak di bawah bukit kota Krk. Penyebutan gereja yang pertama kali didokumentasikan berasal dari tahun 1186. Ini adalah basilika Katolik awal dengan tiga bagian yang merupakan bagian dari kompleks yang lebih besar, bersama dengan Gereja Santo Quirinus (abad ke-12), menara lonceng (abad ke-16), Kapel Santa Barbara, baptisterium Katolik awal dan apse. Seperti gereja-gereja lain pada periode yang sama, gereja ini berorientasi ke timur/barat, dengan façade menghadap ke jalan yang melewati kota Krk dari arah utara-selatan. Gereja ini memiliki panjang 40 meter dan lebar bagian dalamnya 145 m (476 ft).

Selama beberapa penggalian arkeologi antara tahun 1956 dan 1963 yang dipimpin oleh Andro Mohorovičić, reruntuhan thermae Romawi kuno yang berasal dari abad ke-1 ditemukan. Sisa-sisa hypocaust dan tepidarium dengan ubin lantai mosaik yang diawetkan ditemukan. Ditemukan potongan mosaik besar yang sudah usang karena orang-orang yang berjalan di atasnya, yang menunjukkan bahwa situs tersebut mungkin telah digunakan untuk misa Katolik sejak abad ke-4, sebelum katedral dibangun.

Menurut catatan sejarah, tepat di sebelah bekas tepidarium, kemudian dibangun Kapel Santo Yohanes Pembaptis dengan kolam pembaptisan, yang berdiri di sana hingga tahun 1565. Ini menyiratkan bahwa salah satu kolam thermae telah diubah menjadi sebuah tempat pembaptisan. Di bawah lantai Kapel Hati Kudus Yesus yang sekarang, juga ditemukan piscina seperti tong untuk air pembaptisan.

Desain katedral saat ini bergaya Romawi dibuat pada abad ke-11 dan ke-12, sekitar waktu yang sama ketika keberadaannya pertama kali didokumentasikan pada tahun 1186. Di atas interior keempat kolom (jika dihitung dari selatan pintu samping) terdapat prasasti yang mendedikasikan gereja kepada Perawan Maria, karena menandai tempat di mana basilika Katolik mula-mula dulu berakhir.

Interior Gereja

Hal ini dikonfirmasi oleh penggalian di mana ditemukan fondasi tembok yang menutup basilika asli. Dari dua baris kolom yang ada saat ini, tujuh kolom yang lebih dekat ke altar aslinya berada di dalam basilika tua. Kolom-kolom ini dibangun dari batu dan tidak terhubung dengan gedung DPR. Dari total 14 kolom, 12 di antaranya menampilkan kapitel Korintus, satu kolom Klasik dan kolom di baris utara yang paling dekat dengan altar menampilkan gambar relief simbol-simbol Ekaristi Kristiani mula-mula, yang menunjukkan sebuah ikan dimakan oleh dua burung (ikan adalah lambang Kristen mula-mula yang melambangkan Kristus sedangkan burung melambangkan umat Kristiani; oleh karena itu gambar tersebut melambangkan Ekaristi di mana umat beriman "memakan" Kristus). Berdasarkan hal ini dan denah dasar basilika, Mohorović memperkirakan waktu pembangunannya terjadi pada paruh kedua abad ke-5 atau sekitar awal abad ke-6.

Selama berabad-abad beberapa kapel dengan altar ditambahkan di samping dinding samping gereja. Sekitar tahun 1450 Yohanes VII Frankopan memerintahkan pembangunan Kapel Saint Barbara, yang memiliki lambang Rumah Frankopan di langit-langitnya. Pada tahun 1500 dua bangunan ambon bergaya Renaisans dibangun, pada tahun 1538 apse diperluas, dan kemudian lagi pada tahun 1700 ketika ruang untuk organ dan paduan suara ditambahkan. Sakristi dilengkapi dengan perabotan kayu kenari; sebuah lemari yang menutupi dinding sakristi dibuat antara tahun 1697 dan 1698, 13 bangku untuk kanon dibuat pada tahun 1699 dan tahta uskup ditambahkan pada tahun 1717.

Selain katedral, kompleks ini juga berisi Gereja Santo Quirinus, satu-satunya gereja Katolik awal berlantai dua di Kroasia. Gereja bergaya Romawi ini dibangun di depan katedral, dari batu putih yang ditambang secara lokal. Karena kurangnya ruang, apsesnya menghadap ke selatan dan memiliki tiga apses setengah lingkaran dengan arkade romantik di atasnya. Ada juga Gereja Saint Margaret, yang didedikasikan untuk Margaret dari Antiokhia, dan menara lonceng. Karena gereja-gereja Kristen mula-mula tidak mempunyai menara lonceng, menara kayu ditambahkan di belakang sakristi di kemudian hari. Karena hanya ada sedikit ruang bangunan yang tersisa pada saat itu, bangunan ini dibangun tepat di depan Gereja Santo Quirinus pada tahun 1515. Pada tahun 1765 bangunan ini mengalami restorasi menyeluruh, dan bagian atas didesain ulang. Sebagai bagian dari restorasi, patung malaikat buatan Venesia dipasang di atasnya. Sejak itu menara lonceng direnovasi beberapa kali, terakhir kali pada tahun 1973 ketika malaikat plastik masa kini menggantikan patung kayu asli berlapis tembaga.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]