Katedral Johannesburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Kristus Sang Raja
Cathedral of Christ The King
Katedral Johannesburg
Peta
Informasi umum
StatusAktif
JenisKatedral Katolik Modern
Lokasi1 Saratoga Ave, Berea, Johannesburg
NegaraAfrika Selatan
Rampung1958
Tinggi
Atap81 kaki (25 m)
Data teknis
Jumlah lantai1
Desain dan konstruksi
ArsitekB.Gregory & J.P Monahan

Katedral Kristus Raja adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Johannesburg, Afrika Selatan. Katedral ini menjadi pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Johannesburg.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral saat ini dibangun pada tahun 1958 di Berea. Katedral tua di Jalan Kerk, dibangun pada tahun 1896, telah melayani komunitas Katolik dengan baik, tetapi dengan jumlah yang terus bertambah, diputuskan untuk mendirikan katedral baru yang lebih besar. Rencana untuk membangun katedral tersebut direncanakan pada tahun 1937 oleh David O'Leary, orang Katolik kelahiran Afrika Selatan pertama Uskup Johannesburg.[1] O'Leary awalnya bermaksud agar katedral dibangun di lokasi dekat Jalan Kerk tetapi tanah itu sebagian dijual dan sisanya menjadi Gereja Jalan Kerk.

Rencana katedral ditunda karena pecahnya Perang Dunia Kedua[2] dan O'Leary meninggal pada tahun 1950. Pada tahun 1957 sebuah situs dibeli di Saratoga Avenue oleh Uskup W. P. Whelan dan dana dikumpulkan untuk meletakkan batu pertama pada tahun 1958. Katedral Kristus Raja dirancang oleh arsitek Brian Gregory dari Belfast, Irlandia Utara. Pekerjaan konstruksi diawasi oleh John P. Monahan dan diselesaikan pada tahun 1958 oleh kontraktor John Burrow (Pty) Ltd dari Johannesburg. Katedral ini ditahbiskan dan dibuka pada tahun 1960.[2][3]

Whelan kemudian menjadi Uskup Agung Bloemfontein dan menimbulkan beberapa kontroversi ketika dia gagal menjauhkan gereja Katolik Afrika Selatan dari apartheid pada tahun 1964.[4]

Katedral baru sekarang berdiri di sudut End Street (dulu batas, seperti namanya, perkembangan kota) dan Saratoga Avenue. Ini adalah situasi yang cukup sepi, yang, dengan perluasan kota, sekarang terletak relatif terpusat.[5] Situs ini awalnya adalah lokasi Rumah Henry Nourse, yang tercatat dalam catatan properti untuk tahun 1913 dan 1925.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah Gereja Katolik". Konferensi Uskup Katolik Afrika Selatan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Desember 2014. Diakses tanggal 16 September 2014. 
  2. ^ a b "Kisah Katedral Kristus Sang Raja Johannesburg - Keuskupan Agung Johannesburg". catholicjhb.org.za. Diakses tanggal 14-09-2014. 
  3. ^ Souvenir Dedikasi Khidmat dan Pembukaan Gereja Katedral Kristus Raja Oktober 1960, Deskripsi Arsitek. Diadakan di Arsip Yayasan Warisan Johannesburg.
  4. ^ Walshe, Peter. Gereja versus negara bagian di Afrika Selatan : kasus Institut Kristen. hlm. 77. ISBN 0905838815. 
  5. ^ Rekaman Arsitektur Afrika Selatan, November 1960. 10
  6. ^ Parktown & Westcliff Heritage Trust, Johannesburg Heritage Database, di Johannesburg Heritage Foundation Archive