Katedral Huesca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Huesca
Katedral Transfigurasi Tuhan
Katedral Huesca
LokasiHuesca
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiTransfigurasi Kristus, Santo Petrus
Arsitektur
Tipe arsitekturgereja
GayaGothic, Romanesque
Peletakan batu pertama1294
SelesaiAbad ke-16
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Huesca
Klerus
Jumlah ImamJuan Carlos Barón

Katedral Huesca yang bernama resmi Katedral Suci Transfigurasi Tuhan,[1][2] juga dikenal sebagai Katedral Santa Maria dari Huesca,[3] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Huesca, Aragon, timur laut Spanyol. Katedral ini merupakan pusat dari Keuskupan Huesca. Arsitekturnya adalah Gotik, dan pembangunannya dimulai pada akhir abad ke-13. abad dan selesai pada awal abad ke-16.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Proyek pembangunan Katedral Huesca dimulai pada masa James I dari Aragon (1213–1276), yang agak terlambat jika dibandingkan dengan gereja-gereja lain di wilayah tersebut, yang berasal dari Romawi periode. Hal ini karena di Huesca, ibadah Katolik berlangsung selama hampir dua abad di gedung masjid, hingga akhir abad ke-13. Sebagai uskup Huesca yang baru ditahbiskan, keponakan James I (James Sarroca), raja menganggap ibadah Kristen di masjid tidak pantas. Maka pada tahun 1273, ia mengusulkan pembangunan katedral gotik baru, yang semakin meningkat di Eropa, di atas masjid tua (yang hanya berupa lengkungan tapal kuda di area biara, yang bisa digunakan untuk masuk ke menara menara masjid). Namun beberapa tuntutan hukum menunda dimulainya pembangunan hingga tahun 1294. Desain awal mengusulkan pembangunan tiga bagian tengah, dengan lima kapel di depan dan sebuah transept.

Bagian dalam katedral

Terletak di sebelah masjid lama, Wasqah Taifa, dibangun pada abad ke-12. Gereja kecil bergaya Romawi didedikasikan untuk Saint Mary of Joy. Ini terdiri dari bingkai dengan tiga archivolt: kolom interior dan eksternal tersegmentasi di pintu masuk. Arsip terdalam dihiasi dengan gulungan Zamoran. Turun di sepasang pilaster dan kapel, dengan porosnya yang sesuai, dengan dekorasi interior sederhana. Bagian dari biara Romawi asli melekat pada sisi utara gereja yang hanya tersisa teluk utara dan timur serta bagian selatan. Teluk barat dihancurkan untuk membangun biara Gotik Paus Luna, memperluas teluk selatan dan utara Romawi.

Desain umum gereja ini terdiri dari salib Latin dengan kapel samping dan tiga bagian tengah dari empat bagian serta transept.

Bagian depan dibangun dengan lima apses antara tahun 1294 dan 1309. Dinding utara transept juga dibangun, dengan pintu melengkung bundar sebagai lampiran, yang digunakan untuk ruang di bawah gereja ("Sacristy Lama) dan untuk pengarsipan. bagian tengah lateral terjadi antara tahun 1296 dan 1304. Kemudian dia membangun kapel samping atas inisiatifnya sendiri.

Pintunya memiliki ukiran yang melambangkan Para rasul.

Antara tahun 1327 dan 1348 kubah selangkangan sederhana di bagian tengah samping dipasang dan bagian tengah serta transept ditutup dengan atap kayu. Bagian depan katedral, yang merupakan karya pembangun Guillem Inglés adalah sebuah karya patung Gotik yang luar biasa. Terdiri dari tujuh arsip yang menjadi rumah bagi enam belas sosok, empat belas perawan, sepuluh bidadari, dan delapan nabi. Typanum didominasi oleh patung Perawan dan Anak, dan di sisinya terdapat orang Majus dan Kristus yang bangkit bersama Maria Magdalena.

Pada periode yang sama di abad ke-15, berkat prakarsa Paus Luna, Benediktus XIII, sebagian dari biara Gotik dibuat, dengan tujuan untuk memulihkan dan mengganti biara Romawi yang lama. Satu-satunya bagian yang benar-benar dibangun hanyalah koridor di sisi selatan. Sisanya sekarang tidak lengkap di tempat yang sekarang menjadi Aula Seni Abad Pertengahan di Museum Katedral.

Pada awal tahun 1520, Damian Forment ditugaskan untuk mendirikan altar utama katedral. Terbuat dari pualam, badannya berupa triptych besar berisi tiga adegan yang menggambarkan Kesengsaraan Yesus Kristus.

Menara lonceng dan puncak menara[sunting | sunting sumber]

Rekonstruksi puncak menara yang diidealkan.

Menara lonceng ini dibangun antara tahun 1369 dan 1423, pertama kali naik empat lantai. Ini dilakukan oleh kontraktor Juan de Alguiñero dan Juan de Quadros, dan pada tahap terakhir pembangunannya, Pere Jalopa menyelesaikannya, melengkapi menara dengan puncak menara segi lima yang indah. Sayangnya menara ini hilang selama pengepungan kota oleh Partai Republik selama Perang Saudara Spanyol tahun 1936. Menara puncak menara indah yang dulunya menjulang sepertiga lebih tinggi dari ketinggiannya saat ini, karena berbagai alasan belum direkonstruksi. Namun, ada rencana untuk proyek pembangunan kembali, mengembalikan status megah katedral seperti dulu.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Judul Resmi berdasarkan Pasal 3 statuta Dewan Katedral Huesca(CABILDO.pdf Estatutos del Cabildo oscense, en pdf)
  2. ^ Di kalangan masyarakat Aragon dikenal dengan gelar Santa Maria. Namun Dewan Katedral dan Kementerian Kebudayaan, dan khususnya Institut Warisan Budaya Spanyol, telah memasukkan dalam daftar bangunan yang tercakup dalam Rencana Katedral Huesca, dengan judul resminya 'Katedral Katedral Transfigurasi Tuhan."
  3. ^ Nama Santa Maria dari Huesca tersebar luas. Lihat, misalnya, arteguias.com «El proyecto de edificación de la catedral de Santa María de Huesca se inició en timempos de Jaime I de Aragón (1213-1276)». ("Proyek pembangunan katedral Santa Maria dari Huesca dimulai pada masa James I dari Aragon (1213–1276).")