Katedral Dijon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Dijon
Katedral Santo Benignus
Prancis: Cathédrale Saint-Bénigne de Dijon
Katedral Dijon
LokasiDijon
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Dijon

Katedral Dijon, atau yang bernama resmi Katedral Santo Benignus (Prancis: Cathédrale Saint-Bénigne de Dijon), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Dijon, Burgundy, Prancis. Katedral ini didedikasikan untuk Santo Benignus dari Dijon. Bangunan katedral Gotik, dibangun antara tahun 1280 dan 1325, dan diresmikan pada tanggal 9 April 1393, adalah monumen nasional yang terdaftar.

Berasal dari gereja Biara Santo Benignus', katedral ini menjadi pusat Keuskupan Dijon selama Revolusi Prancis, menggantikan katedral sebelumnya ketika disekularisasi, dan telah menjadi kursi Keuskupan Agung Dijon berikutnya sejak peninggian keuskupan pada tahun 2002.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja pertama di sini adalah basilika yang dibangun di atas sarkofagus Santo Benignus, yang ditempatkan di ruang bawah tanah yang dibangun oleh Santo Gregorius dari Langres pada tahun 511; basilika di atas ruang bawah tanah selesai dibangun pada tahun 535. Sejak awal abad ke-9 St.Bénigne adalah biara pribadi para uskup Langres. Pada tahun 869 Isaac, Uskup Langres, mendirikannya kembali sebagai biara Benediktin,[1] dan memulihkan basilika pada saat yang bersamaan.

Pada tahun 989 Bruno, Uskup Langres, meminta Mayeul, Kepala Biara Cluny, untuk mengirim para biarawan untuk membangun kembali biara tersebut, yang sudah rusak, menjadi rumah Cluny.[2] Pada tahun 990 William dari Volpiano diangkat menjadi kepala biara baru. Pada tahun 1002, reruntuhan bangunan sebelumnya telah diratakan dan konstruksi dimulai pada struktur Romawi baru yang dirancang oleh William, yang terdiri dari sebuah gereja bawah tanah di sekeliling sarkofagus Benignus, sebuah gereja di lantai dasar untuk beribadah, dan a rotunda,[3] diameter 17 meter, bertingkat tiga tempat apse, menghubungkan keduanya.[a] Didedikasikan pada bulan Oktober 1016 oleh Lambert I,[4] rangkaian bangunan ini didekorasi dengan gaya Cluny yang penuh hiasan, dan hanya sedikit jejak yang tersisa.

Rekonstruksi Biara William dari Volpiano oleh Ann Wethey dan Kenneth Conant

Pada tahun 1137 kebakaran menghancurkan sebagian besar kota Dijon dan merusak biara dan gerejanya. Bangunan yang diperbaiki ini ditahbiskan oleh Paus Eugenius III pada tahun 1147.

Pada tahun 1272 menara penyeberangan runtuh, menghancurkan seluruh gereja bagian atas dan merusak parah gereja bawah tanah, serta menghancurkan beberapa tiang penyangga rotunda. Kemudian kepala biara, Hugh dari Arc, dari keluarga Burgundi yang berkuasa, berkat kontaknya, mampu memobilisasi dukungan yang cukup untuk memulai pembangunan gereja biara Gotik baru pada tahun 1281. Kemajuan pada awalnya cepat, dan setelah kematian Hugh pada tahun 1300, bangunan itu hampir selesai. Namun kemajuannya melambat, dan pekerjaan tersebut baru selesai pada tahun 1325. Gereja baru ini, tidak seperti gereja Cluny pendahulunya, terkenal karena kesederhanaan dan kekerasannya.

Biara ini disekularisasikan selama Revolusi Perancis, tetapi gereja tersebut pertama-tama dijadikan gereja paroki, dan kemudian pada tahun 1792 menjadi katedral Keuskupan Dijon. Namun rotunda tersebut hancur pada saat itu; yang tersisa hanyalah lantai paling bawah, yang digali pada abad ke-19 dan sejak itu diubah menjadi ruang bawah tanah.[3]

Panti paduan suara, Katedral Dijon

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pembangunan biara baru selama beberapa dekade berikutnya segera menjadi salah satu bangunan paling ambisius dan paling bergengsi pada masanya, karena melebihi dimensi biara induk kontemporer Biara Cluny (dikenal sebagai Cluny II). Lihat rekonstruksi oleh Kenneth J. Conant (1965).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral Dijon", CurateND
  2. ^ Conant, Kenneth John. "Cluny II dan St. Bénigne di Dijon", Archaeologia, vol.99, 1965, hlm. 179–194, DOI:10.1017/S0261340900011152
  3. ^ a b "Katedral Dijon", Religiana
  4. ^ Geary, Patrick J., Phantoms of Remembrance: Memory and Oblivion di Akhir Milenium Pertama. Pers Universitas Princeton. (1994). P. 4