Katedral Katolik Yunani-Melkit Damaskus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Katedral Damaskus)
Katedral Damaskus
Katedral Sayidatun Niyah
Arab: كَاتِدْرَائِيَّةُ سَيِّدَةِ النِّيَاحِ لِلرُّومِ الْمَلَكِيِّينَ فِي دِمَشْقَ
Katedral Sayidatun Niyah, Damaskus
LokasiDamaskus
NegaraSuriah
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Yunani Melkit)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif

Katedral Sayidatun Niyah (Arab: كَاتِدْرَائِيَّةُ سَيِّدَةِ النِّيَاحِ لِلرُّومِ الْمَلَكِيِّينَ فِي دِم َشْقَ, translitKātidrāʾīyat Sayyidat an-Niyāḥ li r-Rūm al-Malakīyīn fī Dimašq), disebut juga Katedral Patriarkal Katolik Yunani Melkit dari Dormisi Bunda Maria,[1] adalah sebuah gereja katedral Katolik Yunani Melkit[2] di kota Damaskus, Suriah.[3] Katedral ini menjadi takhta dan tempat kedudukan Eparki Agung Yunani-Melkit Damaskus (Latin:Archieparchia Damascena Graecorum Melkitarum) bergantung pada Patriarkat Katolik Melkit Antiokhia, yang mencakup sekitar 150.000 penganut yang dibaptis dan dua puluh paroki dengan lima puluh imam. Umatnya, ditugaskan dari abad ke-18 ke Takhta Suci di Roma, menggunakan bahasa Arab dan ritus Bizantium.

Vikaris Uskup Agung (atau Eparca) yang mulai menjabat sejak tahun 2006 ialah Youssef Absi, mantan Jenderal Superior dari Serikat Misionaris St.. Pada 21 Juni 2017, dia terpilih sebagai Patriark Yunani Melkit.[4]

Katedral ini didedikasikan untuk Dormisi Bunda Allah, Kristen Timur "rekanan" dari doktrin Gereja Latin, diangkatnya Maria.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Tampak lain dari Katedral Sayidatun Niyah, Damaskus

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Tertidurnya Bunda Maria
  2. ^ Koresponden, A Times Special (2013-09-09). "Penduduk Damaskus takut serangan AS akan membawa serangan pemberontak". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0458-3035. Diakses tanggal 2016-11-24. 
  3. ^ "ALAMAT KAUM MUDA DI DAMASKUS". www.ewtn.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-11. Diakses tanggal 2016-11-24. 
  4. ^ "Joseph Absi terpilih sebagai patriark Gereja Katolik Yunani Melkit". The Daily Bintang (Lebanon).