Katalis Ziegler-Natta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Katalis Ziegler–Natta, dinamakan menurut nama Karl Ziegler dan Giulio Natta,[1] adalah suatu katalis yang digunakan dalam sintesis polimer 1-alkena (α-olefin). Dua kelas yang luas dari katalis Ziegler-Natta yang digunakan, dibedakan oleh kelarutannya:

  1. Katalis yang didukung secara heterogen berdasarkan pada senyawa yang digunakan dalam reaksi polimerisasi dalam kombinasinya dengan kokatalis, senyawa organologam seperti trietilaluminium, Al(C2H5)3. Kelas katalis ini mendominasi industri.
  2. Katalis homogen biasanya berdasarkan pada kompleks Ti, Zr atau Hf. Mereka ini biasanya digunakan dalam kombinasinya dengan kokatalis organoaluminium yang berbeda, metilaluminoksan (atau metilalumoksan, MAO). Katalis ini secara tradisional termasuk metalosen tetapi juga fitur ligan multidentat berbasis oksigen dan nitrogen.

Katalis Ziegler–Natta digunakan untuk reaksi polimerisasi 1-alkena terminal (etilena dan alkena dengan ikatan rangkap vinil):

nCH2=CHR → −[CH2−CHR]n−

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ziegler-Natta (ZN) Catalysts - AkzoNobel Polymer Chemistry". akzonobel.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Februari 2016.