Katak cakar Afrika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Katak cakar Afrika (Xenopus laevis), juga dikenal sebagai Xenopus, katak berjari cakar Afrika, atau Platanna) adalah spesies katak air dari Afrika dari keluarga Pipidae. Nama Xenopus berasal dari cakar hitam pendek yang khas pada kakinya, dengan Xenopus yang berarti 'kaki aneh' dan laevis yang berarti 'mulus'.

Spesies ini tersebar luas di seluruh Afrika Sub-Sahara, mulai dari Nigeria dan Sudan hingga Afrika Selatan,[1] dan juga telah diperkenalkan pada populasi yang terisolasi di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia.[2] Semua spesies anggota keluarga Pipidae memiliki karakteristik yang sama, yaitu tidak memiliki lidah dan gigi, serta hidup sepenuhnya di air. Katak ini menggunakan tangan mereka untuk mendorong makanan ke dalam mulut dan kerongkongan, sambil menggunakan pompa hyobrankial untuk menarik atau menghisap benda-benda. Dengan kaki-kaki yang kuat, Pipidae mahir berenang dan menerjang mangsa. Selain itu, cakar yang ada di kaki membantu mereka mencabik-cabik makanan yang lebih besar. Katak ini tidak memiliki gendang telinga eksternal, tetapi memiliki cakram tulang rawan subkutan yang memiliki fungsi yang sama.[3] Katak ini mengandalkan jari-jari mereka yang sensitif dan indra penciuman yang tajam untuk menemukan makanan. Pipidae merupakan makhluk pemulung, mengonsumsi hampir semua hal yang hidup, sekarat, atau mati, serta berbagai bentuk sampah organik.

Di berbagai negara, termasuk berbagai wilayah di Eropa, katak ini diklasifikasikan sebagai spesies invasif.[4]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Katak ini berlimpah di kolam dan sungai di seluruh bagian tenggara Afrika Sub-Sahara. Katak air ini biasanya menampilkan rona coklat kehijauan-abu-abu belang-belang, kadang-kadang disertai bintik kekuningan, dan memiliki bagian bawah berwarna putih-krem pucat. Katak ini sering dijual sebagai hewan peliharaan dan kadang-kadang disalahartikan sebagai katak kerdil Afrika. Selain itu, katak bercakar albino juga lazim dan sering digunakan di laboratorium.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Katak cakar Afrika sepenuhnya akuatik dan jarang keluar dari air, kecuali sesekali migrasi ke sumber air baru selama kekeringan atau gangguan lainnya. Kaki-kaki mereka yang kuat memungkinkan untuk bergerak dengan cepat di dalam air dan di darat. Katak cakar liar di South Wales telah diamati melakukan perjalanan hingga 2 kilometer antar lokasi.[5] Kaki spesies Xenopus dilengkapi dengan tiga cakar hitam pada tiga digit terakhir, yang mereka gunakan untuk mencabik-cabik makanan dan mempertahankan diri dari predator.

Katak bercakar adalah karnivora dan memiliki makanan yang beragam yang mencakup mangsa hidup dan mati, seperti ikan, kecebong, krustasea, annelida, dan artropoda. Mereka adalah pemakan oportunis, mencoba mengonsumsi apa pun yang bisa masuk ke dalam mulut mereka. Tidak seperti beberapa katak lainnya, katak bercakar terutama mengandalkan indera penciuman dan garis lateral (sistem sensorik untuk mendeteksi pergerakan air) untuk menemukan mangsa, daripada penglihatan. Meskipun demikian, mereka masih dapat menggunakan mata mereka untuk mengamati lingkungan sekitar dan melacak mangsa dengan menjulurkan kepala dari air.[6] Saat berburu, katak bercakar dapat menggali sumber untuk menemukan cacing dan sumber makanan lainnya. Karena lidah tidak memiliki kemampuan untuk menjulur seperti katak lainnya, mereka menggunakan tangan mereka untuk menangkap makanan dan memasukkannya ke dalam mulut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Weldon; du Preez; Hyatt; Muller; and Speare (2004).
  2. ^ Tinsley, R.; Minter, L.; Measey, J.; Howell, K.; Veloso, A.; Núñez, H. & Romano, A. (2009). "Xenopus laevis". The IUCN Red List of Threatened Species. IUCN. 2009: e.T58174A11730010. doi:10.2305/IUCN.UK.2009.RLTS.T58174A11730010.en.
  3. ^ Christensen-Dalgaard (2005). Sound Source Localization. Springer Handbook of Auditory Research. 25. Springer. ISBN 978-0387-24185-2. 
  4. ^ www.science.org (29 March 2019) with populations becoming established , mostly likely, from people releasing pets into the wild: Amphibian fungal panzootic causes catastrophic and ongoing loss of biodiversity
  5. ^ Measy, Tinsley, John, Richard (1998). "FERAL XENOPUS LAEVIS IN SOUTH WALES". Herpetological Journal. 8: 23–27. 
  6. ^ Denton, Pirenne, E.J., M.H. (11 February 1954). "The visual sensitivity of the toad Xenopus laevis". J Physiol. 125 (1): 181–207. doi:10.1113/jphysiol.1954.sp005149. PMC 1365702alt=Dapat diakses gratis. PMID 13192764.