Kastel Savoia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pintu masuk depan.

Kastil Savoy (bahasa Hongaria: Savoyai Kastély) adalah sebuah kastel bergaya Barok dari abad ke-18 yang terletak di Ráckeve, Hungaria.[1] Kastel ini saat ini difungsikan sebagai hotel dan restoran, sementara balai penerimaan tamunya juga dapat disewakan untuk acara-acara khusus.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan kastel ini ditugaskan oleh Pangeran Eugene dari Savoia pada tahun 1702 dan kemudian diselesaikan pada tahun 1722.[1] Pangeran Eugene telah menjadi pemilik Pulau Csepel pada tahun 1698 dan ia sudah merencanakan perencanaan "maison de plaisance" pribadinya.

Pangeran Eugene menugaskan Johann Lucas von Hildebrandt untuk merancang kediaman barunya ini. Tujuh surat dari Hildebrandt untuk sang pangeran masih disimpan oleh keluarga Gonzaga di Mantova, dan surat-surat ini berisi tentang perencanaan kastel ini.

Setelah kastel ini selesai dibangun, sang pangeran tidak pernah tinggal di tempat ini dan setelah kematiannya Kastil Savoia diambil alih oleh kekaisaran. Pada masa Maria Theresia dari Austria, kediaman ini dan tanah di Csepel dikelola oleh Arsip Umum Hungaria. Pada tahun 1814, bagian tengah kastel ini hangus terbakar. Bangunan yang saat ini berdiri merupakan hasil rekonstruksi setelah tragedi kebakaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Steve Fallon; Neal Bedford (2003). Hungary. Lonely Planet. hlm. 140. ISBN 978-1-74059-152-2. 
  2. ^ Craig Turp (2 August 2010). DK Eyewitness Travel Guide: Hungary. DK Publishing. hlm. 132. ISBN 978-0-7566-7425-0. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]