Karpet tangga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Karpet tangga kayu di Museum Dr Sun Yat Sen, Hong Kong

Karpet tangga adalah permadani atau karpet yang dipasang khusus pada anak tangga. Tujuan memasang karpet tangga ini adalah untuk meredam suara langkah kaki orang yang sedang naik turun supaya tidak terdengar bising. Selain itu, pemasangan karpet tangga juga dapat menambah estetika pada tangga sehingga memberikan kesan berbeda.[1]

Pemasangan[sunting | sunting sumber]

Karpet tangga bisa dipasang menutupi seluruh tangga maupun hanya di bagian tengah dari tangga saja. Pemasangan karpet secara menyeluruh bisa diaplikasikan pada tangga dalam rumah. Pemasangan karpet tangga secara menyeluruh ini dilakukan dengan cara dilem secara merata, sehingga karpet tampak rapi dan tidak bergelombang. Selain dengan menggunakan lem, terkadang ada pula pemasangan karpet tangga dengan cara dipaku dengan paku kecil.
Karpet tangga yang hanya dipasang di tengah biasanya terdapat pada interior yang mengutamakan estetika. Pemasangan karpet tangga seperti ini dilakukan dengan menggunakan stair rod atau juga bisa disebut carpet rod. Penggunaan carpet rod dapat merapikan karpet dengan menahan karpet tetap berada pada siku tangga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ardiyanto, Wahyu. "Plus Minus Penggunaan Karpet Pada Anak Tangga". Diakses tanggal 5 Desember 2022.